FK UII Terima Kunjungan SMAN 2 Ciamis dan SD BIAS

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News) – Fakultas Kedokteran UII termasuk 5 Fakultas Kedokteran di Indonesia yang berakrerditasi A dan merupakan fakultas kedokteran termuda yang memperoleh akreditasi A pada usia yang ke-11 sejak didirikan tahun 2001, di tahun ini 2014 perndaftar sebanyak 3000 orang dan yang diterima 147 orang  sehingga perbandingan  pendaftar yang berminat mendaftar di FK UI adalah 20 : 1 hampir sama dengan pendaftar di Fakultas Kedokteran Negeri favorit di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK saat memberikan sambutannya dalam acara penerimaan tamu dari SMA N 2 Ciamis, pada Jum’at, 24 Oktober 2014 di ruang Auditorium Lt.1 Fakultas Kedokteran UII, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta, sebanyak 97 sisawa dan 7 orang guru pendamping di pimpin oleh Hj. Wiwik H, S.Pd, M.Pd  perwakilan dari SMA N 2 Ciamis

Menurut dokter Linda,  mengatakan bahwa SMA N 2 Ciamis tidak salah milih berkunjung ke FK UII dalam rangkaian  studi tournya karena SMA N 2 Ciamis adalah termasuk SMA Favorit.

“Jadi siswa yang diterima menjadi mahasiswa kedokteran UII adalah siswa yang telah melewati seleksi yang ketat sesuai dengan standar di UII dan sebagian besar  berasal dari sekolah favorit di wilayahnya masing-masing, bisa jadi SMA N 2 Ciamis’, jelasnya.

Sementara itu selaku ketua Tim Promosi FK UII, dr. Mafthuhah Nur Betty, MPH memaparkan bahwa selama kunjungan di FK UII nampak para siswa SMA N 2 Ciamis sangat tertarik dengan penjelasan dari FK UII.

“ Hal ini dibuktikan dengan keingintahuan yang sangat besar tetang dunia kedokteran terutama Pendidikan Kedokteran di FK UII sehingga terpilihlah tiga penaya yang selanjutnya diberikan hadiah berupa souvenir boneka promosi FK UII”, demikian jelasnya.

Pada sore harinya, pukul. 14.00 WIB FK UII kembali mendapatkan kunjungan, kali ini bukan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) melainkan dari Sekolah Dasar, yaitu SD BIAS Yogyakarta yang terdiri da 60 siswa beserta 4 guru pembimbing yang secara langsung berkunjung di Laboratorium Pantologi Klinik, Laboratorium terpadu FK UII.

Sebagai laboran Patologi Klinik FK UII, Akhsan menjelaskan bahwa  siswa-siswi SD BIAS yang berkunjung  adalah  siswa kelas 1dan 2 sehingga materi yang dijelaskan saat di laboratorium sangatlah sederhana dan mudah dipahami serta dilakukan.Materi yang diberikan untuk siswa SD ini adalah tentang sel darah dan dilanjutkan dengan praktek penggunaan mikroskop dan tensimeter.

“Siswa SD BIAS sangat tertarik dengan mikroskop dan tensimater sehingga mereka berebut mengunakan mikroskop dan berebut  pula melakukan tes uji tekanan darah. Diakhir acara para guru pendamping mengungkapkan rasa senang dan rasa terimakasih bisa berkunjung di FK UII”, kata Ahsan. Wibowo