Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Intenet

  • Diposkan oleh

Hampir semua orang dilingkungan UII pasti sering mengeluh lambannya internet di lingkungan kampus. Masalah leletnya internet menjadi isu yang selalu dijumpai dalam bekerja maupun dalam belajar dengan IT di UII. Masalah ini sudah klasik sehingga terkesan orang menjadi masa bodoh. Orang lebih terkejut saat tiba-tiba koneksinya sangat cepat ”tumben” katanya. Paling-paling sehari dua hari akan kembali lelet lagi. Bagi para users mungkin sering timbul tanda tanya ada apa gerangan padahal bandwith cukup besar 4 MBps bahkan ada yang dilepas unlimited untuk tempat-tempat tertentu. Berikut ini beberapa informasi seputar faktor-faktor yang menyebabkan lambannya akses internet di FK UII.

I. FAKTOR INTERNAL
1.    Komputer pengguna.
a. Spesifikasi komputer, semakin cepat prosesor dan semakin besar memori/ RAM dapat membuat data yang diakses semakin cepat pula,
b. Adanya virus pada komputer, virus dapat mengambil jatah bandwith internet atau virus dapat membuat komputer seakan-akan sibuk menjalankan program sehingga beban komputer menjadi berat,
c. Anti virus tidak update, jk ada virus baru dapat menginfeksi data atau sistem komputer tersebut. Sistem yang bersih akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.
d. Sistem Operasi yang digunakan,
· semakin terbaru seharusnya akan semakin maksimal
· semakin baru sistem operasi, semakin membutuhkan resource/spesifikasi yg bagus pula. Jika dipaksakan diinstal pd spesifikasi yg rendah/ tidak support justru malah akan membebani kompi.
e. Browser,
· jenis browser juga turut mempengaruhi kecepatan dalam menampilkan isi halaman dari sebuah website.
· Antara mozilla, google chrom, dan internet explorer pun masing-masing akan berbeda kecepatan aksesnya, kecepatan browser dalam memproses plugin dan kode-kode program seperti javascript turut mempengaruhi kecepatan akses internet.

2.   Prilaku pengguna dalam berinternet
a. Berapa banyak alamat website yang anda akses dalam waktu yang bersamaan? Semakin banyak alamat web yang terakses di waktu yang sama maka makin banyak data yang harus di-download dengan kondisi kapasitas bandwidth yang sama.
b. Jenis website yang diakses juga mempengaruhi kecepatannya, sebuah website yang berisi video / gambar lebih lama tampilnya dari website yang hanya berisikan teks
c. Penggunaan aplikasi (software) untuk mempercepat download file bisa menyebabkan kegiatan seperti browsing menjadi lambat.
d. banyaknya aplikasi yang dibuka, misal browsing sambil membuka aplikasi multimedia seperti musik, dll

3. Lokasi, Sinyal kuat hanya memberikan anda koneksi yang jarang terputus-putus

 

II. FAKTOR EXTERNAL

1. Besarnya bandwith dari ISP

2. Media penghubung antara si user dan ISP
· kapasitas media tersebut harus lebih besar dari kapasitas source yang diberikan oleh ISP. Jenis media yang digunakan juga mempengaruhi kualitas internet yang diakses terutama untuk tingkat kestabilan.
· antar perangkat pun harus kompatibel, misal antar switch atao kabel, yang satu mendukung data besar – satunya mendukung data kecil, maka akses data yang diperoleh pun akan mengikut yang kecil.

3. Kondisi website tujuan
· Website yang ramai oleh pengunjung bisa menyebabkan pembatasan kecepatan maksimum yang boleh diakses oleh penggunanya, hal ini bertujuan untuk mengurangi beban kerja hardware server dari server tersebut dan beberapa alasan non teknis lainnya. Tidak semua website memperbolehkan user-nya untuk mengakses dengan kecepatan maksimum.
· lokasi di mana website yang hendak kita akses menyimpan filenya atau server yang melayaninya. Contohnya website-website internasional seperti yahoo amerika tentunya servernya ada di Amerika, ada perbedaan waktu akses antara website lokal dan website internasional.

4. Jumlah user/ pemakai internet dalam satu local area network atau LAN.
Kalau penggunanya sangat banyak maka menjadi crowded karena saling berebut untuk mengakses file atau situs tertentu.
Dari beberapa faktor tersebut telah diidentifikasi di lingkungan FK UII yang paling banyak faktor penyebab leletnya atau lambannya akses internet adalah user yang mendowload file yang terlalu besar hanya untuk hiburan seperti komik, video-video dan game yang kurang mendidik. Akibatnya user lain menjadi terhambat dalam mengaksesnya apalagi jika yang bersangkutan menguasai IT sehingga bisa mengunci akses untuk kepentingan sendiri tanpa hambatan sama sekali berapapun bandwith-nya. Semoga di FK UII semuanya saja bisa lebih amanah dan bijaksanan dalam menggunakan fasiltas internet demi kepentingan akademik. Salam/SAA