Kurikulum Profesi
Profil Lulusan
Profil Lulusan
Profil lulusan Program Studi Kedokteran Program Sarjana FK UII sebagai berikut.
- Dokter yang profesional, beramal ilmiah, berilmu amaliah, berakhlakul karimah dan memiliki kemampuan dalam pengelolaan kesehatan haji.
- Dokter praktisi sebagai penyedia layanan kesehatan (care provider), pemimpin masyarakat (community leader), pengambil keputusan, (decision maker), manajer, dan komunikator.
- Dokter yang memiliki multi potensi terkait bidang kesehatan.
Profil Lulusan | Deskripsi |
Dokter yang profesional, beramal ilmiah, berilmu amaliah, berakhlakul karimah dan memiliki kemampuan dalam pengelolaan kesehatan haji | Dokter muslim profesional yang berkepribadian islami, berkepemimpinan profetik, berketerampilan transformatif, berpikir integratif dengan nilai keislaman yang dikuasainya dan memiliki kemampuan pengelolaan kesehatan haji. |
Dokter praktisi sebagai penyedia layanan kesehatan (care provider), pemimpin masyarakat (community leader), pengambil keputusan, (decision maker), manajer, dan komunikator. | Dokter yang menerapkan dasar ilmu kedokteran dalam berperan sebagai penyedia layanan kesehatan (care provider), pemimpin masyarakat (community leader), pengambil keputusan, (decision maker), manajer, dan komunikator. |
Dokter yang memiliki multi potensi terkait bidang kesehatan | Dokter yang memiliki multi potensi terkait bidang kesehatan untuk bekerja sebagai praktisi di fasilitas kesehatan tingkat primer, sebagai pendidik, peneliti, serta agen perubah dan pembangunan sosial |
Secara khusus, atribut karakter, sikap, pengetahuan, dan keterampilan lulusan yang ingin dicapai dalam profil lulusan mengacu kepada karakter Dokter MUSLIM sebagai berikut:
- Medical expertise : menjalankan amanah profesi dokternya di berbagai bidang kesehatan sesuai keahlian yang dikuasai
- Understanding : menguasai ilmu kedokteran dengan akurat dan tepat
- Scholar : menyebarluaskan gagasan dalam bidang kedokteran ke masyarakat dengan semangat inovatif untuk memecahkan masalah kesehatan
- Leader : menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan keteladanan serta berperan kontributif untuk memajukan kesehatan di lingkungan masyarakat dan tempat bekerja
- Integrative : mengintegrasikan nilai keislaman kepada ilmu kedokteran yang ditekuni
- Morality and manner based on Islamic standards : bersikap dan berakhlakul karimah
Kompetensi
Kompetensi
- Profesionalitas yang luhur
- Mawas diri dan pengembangan diri
- Komunikasi efektif
- Literasi teknologi informasi dan digital
- Literasi sains atau landasan ilmiah
- Keterampilan klinis
- Pengelolaan masalah kesehatan dan manajemen sumber daya
- Kolaborasi dan kerjasama
- Keselamatan pasien dan mutu pelayanan kesehatan
- Ulil albab
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Deskripsi Singkat |
Kode CPL | Rumusan CPL | Domain |
Profesionalitas yang luhur | CPL 1 | Berperilaku sesuai dengan nilai dan prinsip ketakwaan kepada Allah SWT, moral luhur, etika, disiplin, hukum, sosial budaya dan agama dengan menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari serta menjunjung akhlak islami dan etika universal dalam praktek kedokteran | Sikap |
Profesionalitas yang luhur | CPL 2 | Menerapkan konsep pelayanan kedokteran dan kesehatan yang profesional dan sesuai dengan moral, etika dan hukum perundangan yang berlaku dalam konteks lokal, regional dan global dalam mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan msayarakat | Keterampilan Khusus |
Profesionalitas yang luhur | CPL 3 | Berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan menerapkan semangat kemandirian, daya juang dan nilai kewirausahaan | Sikap |
Mawas diri dan Pengembangan diri | CPL 4 | Menerapkan mawas diri dan pengembangan diri dengan melakukan refleksi diri, menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, dan meningkatkan pengetahuan secara berkesinambungan | Sikap |
Mawas diri dan Pengembangan diri
Literasi sains atau landasan ilmiah |
CPL 5 | Menghasilkan karya ilmiah atau inovatif dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat serta kemajuan ilmu dalam bidang kedokteran | Pengetahuan |
Komunikasi efektif | CPL 6 | Menunjukkan kemampuan membangun hubungan, menggali informasi, menerima dan bertukar informasi secara verbal dan non-verbal serta menunjukkan empati dalam rangka pemecahan masalah kesehatan | Keterampilan Khusus |
Komunikasi efektif | CPL 7 | Berkomunikasi efektif yang relevan kepada pihak terkait, melakukan advokasi, bernegosiasi serta persuasi dalam tatanan keragaman budaya lokal dan regional | Keterampilan Khusus |
Literasi teknologi informasi dan digital | CPL 8 | Menunjukkan kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, mendiseminasikan dan menghasilkan karya dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif untuk pengembangan profesi, keilmuan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan. | Keterampilan Umum |
Literasi teknologi informasi dan digital
Pengelolaan masalah kesehatan dan manajemen sumber daya |
CPL 9 | Menerapkan pengetahuan ilmiah kedokteran dalam mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komprehensif di tingkat individu, keluarga, komunitas dan masyarakat | Pengetahuan |
Literasi sains atau landasan ilmiah | CPL 10 | Menerapkan pengelolaan masalah kesehatan berbasis bukti. | Pengetahuan |
Keterampilan klinis | CPL 11 | Melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan pasien | Keterampilan Khusus |
Keterampilan klinis | CPL 12 | Melakukan tindakan medis untuk masalah kesehatan/ kecederaan yang berhubungan dengan hukum. | Keterampilan Khusus |
Pengelolaan masalah kesehatan dan manajemen sumber daya | CPL 13 | Menerapkan pengelolaan masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat secara komprehensif, holistik, kolaboratif dan berkesinambungan menggunakan sumber daya secara efektif dalam konteks pelayanan kesehatan primer. | Pengetahuan |
Mawas diri dan Pengembangan diri | CPL 14 | Menerapkan prinsip konsultasi dan/atau rujukan serta rujukan balik sesuai dengan standar pelayanan medis. | Pengetahuan |
Pengelolaan masalah kesehatan dan manajemen sumber daya | CPL 15 | Melakukan analisis terhadap implementasi sistem pelayanan kesehatan, pengembangan kebijakan kesehatan, prinsip pengelolaan sumber daya secara efektif dan manajemen mutu terpadu pelayanan kesehatan serta pengelolaan masalah kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional | Pengetahuan |
Kolaborasi dan kerjasama | CPL 16 | Menerapkan praktik kolaborasi dengan sejawat intraprofesi dan interprofesi kesehatan serta profesi lain dalam pelayanan kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat dengan menerapkan prinsip komunikasi efektif, nilai, etika, peran dan tanggung jawab serta prinsip-prinsip kepemimpinan dan keteladanan | Keterampilan Khusus |
Keselamatan pasien dan mutu pelayanan kesehatan | CPL 17 | Menerapkan prinsip keselamatan pasien dan prinsip upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada individu, keluarga, komunitas dan masyarakat. | Keterampilan Khusus |
Ulil albab | CPL 18 | Menerapkan pandangan hidup inklusif dalam pelayanan kesehatan dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan | Sikap |
Ulil albab | CPL 19 | Menerapkan prinsip dasar pengintegrasian nilai keislaman pada ilmu kedokteran | Pengetahuan |
Pemetaan Profil lulusan dalam CPL
Pemetaan CPL Prodi Kedokteran Program Profesi dengan Profil Lulusan
No | Profil Lulusan | CPL 1 | CPL 2 | CPL 3 | CPL 4 | CPL 5 | CPL 6 | CPL 7 | CPL 8 | CPL 9 | CPL 10 | CPL 11 | CPL 12 | CPL 13 | CPL 14 | CPL 15 | CPL 16 | CPL 17 | CPL 18 | CPL 19 |
1 | Dokter yang profesional, beramal ilmiah, berilmu amaliah, dan berakhlakul karimah | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||
2 | Dokter yang mampu berperan sebagai penyedia layanan kesehatan (care provider), pemimpin masyarakat (community leader), pengambil keputusan, (decision maker), manajer, dan komunikator. | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||
3 | Dokter yang memiliki multi potensi untuk bekerja sebagai praktisi di fasilitas kesehatan tingkat primer, sebagai pendidik, peneliti, serta agen perubah dan pembangunan sosial | √ | √ |
Kurikulum
Kurikulum
Struktur kurikulum tersusun dalam dua tahapan pembelajaran yaitu Program Sarjana dan Program Studi Profesi Dokter. Pembelajaran Program Profesi berjalan pada fase V.
Fase | Tema | Durasi |
Fase I | Introduction and Biomedical Sciences | 2 semester |
Fase II | Pathology of Human Diseases | 1 semester |
Fase III | Management in Human Disease | 3 semester |
Fase IV | Comprehensive Health Care | 1 semester |
Fase V | Professional Health Practice | 4 semester |
Peta kurikulum
Mata Kuliah
Mata Kuliah
Mata kuliah per semester Prodi Kedokteran Program Profesi FK UII
Semester 8-11 | |||||
No | Stase | Terjemahan Nama Stase dalam Bahasa Inggris | Durasi(minggu) | Bentuk Pembelajaran | Bobot SKS |
1 | Ilmu Penyakit Dalam | Internal Medicine | 11 | Rotasi Klinik | 5,5 |
2 | Ilmu Kesehatan Anak | Child Health | 11 | Rotasi Klinik | 5,5 |
3 | Obstetri dan Ginekologi | Obstetric and Gynecology | 11 | Rotasi Klinik | 5,5 |
4 | Ilmu Bedah | Surgery | 11 | Rotasi Klinik | 5,5 |
5 | Ilmu Kesehatan Masyarakat | Public Health | 8 | Rotasi Klinik | 4 |
6 | Neurologi | Neurology | 5 | Rotasi Klinik | 2,5 |
7 | Ilmu Kedokteran Jiwa | Psychiatry | 5 | Rotasi Klinik | 2,5 |
8 | Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher | Otorhinolaryngology, Head and Neck Surgery | 5 | Rotasi Klinik | 2,5 |
9 | Dermatologi dan Venereologi | Dermatology and Venereology | 5 | Rotasi Klinik | 2,5 |
10 | Ilmu Penyakit Mata | Eye | 5 | Rotasi Klinik | 2,5 |
11 | llmu Forensik dan Medikolegal | Forensic and Medicolegal | 3 | Rotasi Klinik | 1,5 |
12 | Anestesiologi dan Terapi Intensif | Anesthesiology and Intensive Therapy | 4 | Rotasi Klinik | 2 |
13 | Radiologi | Radiology | 3 | Rotasi Klinik | 1,5 |
14 | Komprehensif | Comprehensive | 5 | Rotasi Klinik | 2,5 |
15 | Dokter Ulil Albab | Ulil Albab Doctor | 6 | Kuliah, Diskusi Kelompok | 3 |
Jumlah SKS Semester 8-11 : 49 SKS | |||||
Total : 193 SKS |