Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Caption: Kegiatan pembukaan Destana dan penyuluhan Destana I secara semi-daring

Kedokteran – TBMM Humerus FK UII, melalui divisi Pengabdian Masyarakat (Pengmas) kembali mengadakan kegiatan bakti sosial yang bersifat kontinyu Desa Tanggap Bencana (DESTANA) 2020. Seluruh anggota divisi Pengmas TBMM Humerus angkatan XV turut serta menjadi panitia inti dalam kegiatan tersebut yang dilakukan di Balai Desa Girikerto, Kecamatan Turi,  Kabupaten Sleman pada 20 September 2020 dan 23 Oktober 2020.

Kegiatan Destana ini merupakan kegiatan pelatihan semi-daring yang dilaksanakan tiap bulan, dan berlangsung pada bulan September hingga bulan Desember 2020 dalam bentuk sosialisasi ditujukan kepada 30 perwakilan kader yang telah terpilih dan bantuan logistik kebencanaan ke Desa Girikerto. Kegiatan tersebut didasari karena letak dari Desa Girikerto, Turi, Sleman ini terletak di kaki Gunung Merapi. Di sisi lain, kegiatan ini juga didasari oleh ilmu yang terus berkembang, terkhusus di bidang kebencanaan.

Kegiatan Destana I diawali dengan pembukaan acara secara semi-daring melalui aplikasi zoom dan bertempat di Balai Desa Girikerto, Turi, Sleman, D.I.Yogyakarta, dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan bertemakan “Pengetahuan Bencana Erupsi dan Penanggulangan Bencana” bersama bapak Tumbuk Punadi, S.T., M.T. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Sleman. Kegiatan ini berlangsung pada 20 September 2020 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB.

Caption: Kegiatan penyuluhan Destana II secara semi-daring

Kegiatan Destana II dilaksanakan pada 23 Oktober 2020 pada pukul 19.15 sampai dengan 21.15 WIB secara semi-daring melalui aplikasi zoom dan bertempat di Balai Desa Girikerto, Turi, Sleman, D.I.Yogyakarta, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan bertemakan “Bahaya Pandemi dan Protokol Kesehatan terkait Covid 19” bersama dr. Mahdea Kasyifa. Alhamdulillah, seluruh kegiatan Destana I dan II berjalan lancar dan diikuti oleh para kader dengan cukup antusias.