• Visi Fakultas Kedokteran
    Visi Fakultas Kedokteran

    Terwujudnya FK UII sebagai rahmatan lil 'alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah, setingkat dengan Fakultas Kedokteran yang berkualitas di negara-negara maju.

  • Misi Fakultas Kedokteran
    Misi Fakultas Kedokteran

    FK UII sebagai Fakultas Kedokteran yang bermutu menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu ke-Islaman dan mampu menerapkan nilai-nilai Islami serta berdaya saing tinggi, memiliki keunggulan dalam keislaman, keilmuan, kepemimpinan, keahlian, kemandirian dan profesionalisme.

  • Kebijakan Mutu Fakultas
    Kebijakan Mutu Fakultas

    Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia sebagai Fakultas yang bermutu baik yang berorientasi sebagai fakultas kelas dunia menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu tinggi serta bardaya saing tinggi tingkat nasional maupun internasional.

Kemahasiswaan

SEJARAH LEMBAGA KEMAHASISWAAN

Sejarah lembaga kemahasiswaan di dalam lingkup FK UII berawal dari himbauan Dekanat kepada mahasiswa FK UII angkatan 2001 (angkatan pertama) untuk membentuk Dewan Angkatan 2001 sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi, kegiatan, informasi dan perkembangan yang ada di sekitar mahasiswa untuk mempermudah komunikasi dengan pihak Dekanat. Sehingga para mahasiswa FK UII sepakat akan adanya Dewan Angkatan dengan acara pemilihan umum (pemilu) internal FK UII, yang dimandatkan kepada KPU angkatan yang diketuai oleh Rahadian Beny. Melalui pemilu ini akhirnya terbentuk sebuah kepengurusan Dewan Angkatan yang diketuai oleh Alfan Nur.

MASA PRESIDIUM

Meskipun di FK UII, telah terbentuk Dewan Angkatan, namun kepengurusan tersebut belum dapat diakui secara sah sebagai Keluarga Mahasiswa UII. Mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FK UII, maka diperlukan suatu lembaga yang legitimate. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah penyaluran aspirasi mahasiswa kepada universitas dan sebagai sarana informasi tentang berbagai perkembangan yang ada di dalam maupun di luar kampus. Pada tanggal 15 Mei 2002, dibentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Presidium yang beranggotakan 13 orang dengan Ketua Herdhana S. KPU Presidium ini kemudian menyelanggarakan pemilu mahasiswa (PEMILWA) FK UII pada tanggal 24 dan 28 Mei 2002 dengan berlandaskan Surat Keputusan Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (DPM UII) No.VIII/TAP/DPMU-UII/V/2002. Akhirnya melalui PEMILWA ini terpilih 4 orang sebagai Dewan Presidium, yaitu: Wirawan Hanindito W., Nasrah Anastasia Anjani, Pandang Tedy A., dan Hari P. Selanjutnya diadakan pelantikan dewan Presidium Mahasiswa oleh ketua DPM UII periode 2000-2002; Anshor Sholeh berdasarkan SK DPM UII No. VIIII/TAP/DPMU-UII/V/2002.

DPM-LEM

Setelah tiga tahun, akhirnya melalui SK DPM UII No.8/SK/DPM UII/VIII/2005 diputuskan Dewan Presidium Mahasiswa Fakultas Kedokteran telah layak menjadi dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM).
Pada bulan Mei 2005, diadakan PEMILWA FK UII untuk memilih mahasiswa-mahasiswa yang layak menjadi wakil-wakil mahasiswa yang duduk di DPM FK UII. Akhirnya terpilih 9 orang anggota legislatif yaitu: Kiki Widyastuti, Agus Rovikul Anwar, Muhammad Sarwansyah, Harry Purnama Putra, Adrian Taufik, Afina Rahma, Andrianor Rahman, Eka Rosmarini Sariwulan dan Henny Cloridina.
Pada hari Minggu 12 Juni 2005, diadakan Sidang Umum I mahasiswa fakultas Kedokteran yang dihadiri oleh anggota legislatif terpilih dan beberapa elemen perwakilan mahasiswa. Dalam Sidang Umum ini diputuskan beberapa keputusan-keputusan, termasuk diantaranya yang terpenting adalah: menetapkan struktur DPM FK UII dan mengangkat Agus Rovikul Anwar sebagai Delegatoris DPM FK UII untuk menjadi Ketua LEM FK UII.
Pada tangga 13 Juni 2005 diadakan acara pelantikan pengurus DPM FK UII oleh DPM UII dan serah terima jabatan dari Dewan Presidium Mahasiswa kepada DPM FK UII. Selanjutnya pada bulan Juli 2005 diadakan seleksi dan rekrutment fungsionaris LEM FK UII oleh Ketua LEM FK UII

Struktur DPM

Ketua    : Harry Kurniawan (2012)
Sekjen  : Mutia Amalina (2012)
Komisi I            : A.M. Farid Santoso (2012)
Anggota           : M. Zaky Hardianto (2013)
Halida Hasyati Aima (2013)
Komisi II           : Yossy Ridinal Fitra (2012)
Firman M. Ichwan (2012)
Komisi III           : Anandyo Septiawan (2012)
Dany Martha P. (2013)

lem
A. Komisi I (internal) meliputi kelembagaan, kemahasiswaan, dan  keislaman.
B. Komisi II (eksternal dan advokasi) meliputi jarinagan, kerjasama dan sosial masyarakat.
C. Komisi III (Keuangan) meliputi advokasi, keuangan dan pengelolaan keuangan mahasiswa
Secara keseluruhan DPM mempunyai tugas menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran sebagaimana tertera dalam Peraturan Dasar Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.

Struktur Kepengurusan LEM FK UII

1. Ketua Umum

  1. Merupakan delegatoris Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia yang bertanggung jawab menjalankan Garis-Garis Besar Program Kerja (GBPK) DPM FK UII.
  2. Dalam aktivitas kelembagaan merupakan penanggung jawab dan bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan secara umum baik internal maupun eksternal dan melakukan koordinasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa LEM FK UII.

2. Wakil Ketua

  1. Membantu Ketua dalam menjalankan tugas-tugas harian kelembagaan khususnya di bidang eksternal.
  2. Berkoordinasi langsung dalam menjalankan tugas-tugas harian kelembagaan  pada Departemen Pengembangan Masyarakat dan Departemen Hubungan Eksternal dan Informasi, dan Departemen Kajian Strategi dan Advokasi serta melaporkan semua hasil koordinasinya dengan Ketua Umum.
  3. Menjalankan tugas dan wewenang Ketua Umum selama Ketua Umum berhalangan dengan sepengetahuan dan persetujuan Ketua Umum.
  4. Dalam pelaksanaan kerjanya wakil ketua bertanggung jawab penuh kepada ketua umum.
  5. Membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

3. Sekretaris Umum

  1. Membantu Ketua dalam menjalankan tugas-tugas harian kelembagaan khususnya di bidang internal.
  2. Penanggung jawab dalam pengolahan dan pengelolaan data, ketertiban tata administrasi dan protokoler, ketertiban laporan pertanggung jawaban kegiatan bidan, pengadaan perangkat keras yang dibutuhkan untuk kelancaran kerja organisasi, dan mendata semua inventaris lembaga yang ada serta menjaganya.
  3. Menjalankan tugas dan wewenang Ketua Umum selama Ketua Umum berhalangan dengan sepengetahuan dan persetujuan Ketua Umum.
  4. Dalam kerja operasionalnya dibantu oleh wakil sekretaris umum.
  5. Dalam pelaksanaan kerjanya sekretaris umum bertanggung jawab penuh kepada ketua umum.
  6. Membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

4.  Wakil Sekretaris Umum

  1. Membantu sekretaris umum dalam melakukan tugas fungsional, yakni dalam pengolahan dan pengelolaan data, ketertiban tata administrasi dan protokoler, ketertiban laporan pertanggung jawaban kegiatan bidang, pengadaan perangkat keras yang dibutuhkan untuk kelancaran kerja organisasi, dan mendata semua inventaris lembaga yang ada serta menjaganya.
  2. Apabila sekretaris umum berhalangan, maka tugas dan wewenang dapat dijalankan oleh wakil sekretaris umum atas persetujuan ketua umum.
  3. Menjalankan tugas dan wewenang Ketua Umum selama Ketua Umum berhalangan dengan sepengetahuan dan persetujuan Ketua Umum.
  4. Dalam pelaksanaan kerjanya wakil sekretaris umum bertanggung jawab penuh kepada Ketua.
  5. Membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

4. Bendahara Umum

  1. Membantu ketua dalam menata dan mengatur tertib laporan keuangan, perencanaan dan pelaksanaan penganggaran keuangan.
  2. Bertanggung jawab dalam hal distribusi keuangan secara berimbang guna memenuhi kebutuhan organisasi.
  3. Menata dan mengatur tertib laporan keuangan departemen beserta kegiatan-kegiatan yang dinaunginya agar terbentuk pengolahan keuangan yang tertib, efektif, dan efisien.
  4. Melakukan pelaporan keadaan keuangan administrasi kegiatan dan memberikan transparansi penggunaan dana ke mahasiswa.
  5. Menjalankan tugas dan wewenang Ketua Umum selama Ketua Umum berhalangan dengan sepengetahuan dan persetujuan Ketua Umum.
  6. Dalam pelaksanaan kerjanya bendahara umum bertanggung jawab secara penuh kepada Ketua Umum.
  7. Membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

5. Wakil bendahara umum

  1. Membantu bendahara umum dalam menata dan mengatur tertib laporan keuangan, perencanaan, dan pelaksanaan penganggaran keuangan.
  2. Berkoordinasi dengan Departemen Kewirausahaan untuk mengusahakan sumber penerimaan lain untuk kelancaran kerja organisasi.
  3. Menjalankan tugas dan wewenang Ketua Umum selama Ketua Umum berhalangan dengan sepengetahuan dan persetujuan Ketua Umum.
  4. Dalam pelaksanaan kerjanya bendahara umum bertanggung jawab secara penuh kepada Ketua Umum.
  5. Membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

6. Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

  1. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa internal LEM FK UII (Fungsionaris) dan mahasiswa secara umum, melalui pola kegiatan pengembangan, pembinaan, pelatihan yang terpadu, terencana dan bersifat kontinu.
  2. Bertanggung jawab dalam pengadaan aktivitas pengeratan hubungan kerja dan silahturrahmi antar fungsionaris LEM FK UII, UKM, dan dengan lembaga mahasiswa lain.
  3. Menjalin kerja sama dengan UKM yang terkait dalam bidang pengembangan sumber daya mahasiswa.
  4. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan didampingi oleh sekretaris departemen serta staf departemen.
  5. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  6. Menjalankan tugas dan wewenang Ketua Umum selama Ketua Umum berhalangan dengan sepengetahuan dan persetujuan Ketua Umum.
  7. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

7. Departemen Pengembangan Masyarakat

  1. Melakukan kegiatan pengembangan masyarakat.
  2. Pengembangan dan pembudayaan dakwah islamiah melalui aktifitas sosial kemasyarakatan baik material dan spiritual yang berguna untuk kemaslahatan umat.
  3. Menjalin kerja sama dengan UKM yang terkait dalam bidang pengembangan dan pengabdian masyarakat dan dakwah.
  4. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan didampingi oleh sekretaris departemen serta staf departemen.
  5. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  6. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

8.  Departemen Pendidikan dan Profesi

  1. Mempromosikan Departemen Pendidikan dan Profesi kepada mahasiswa FK UII mengenai fungsi dan rencana strategis departemen.
  2. Mengawal proses akademik atau KBK yang diterapkan dengan memonitor dan turut mengkritisi segala permasalahan akademik di FK UII.
  3. Mengkaji proses akademik di FK UII dan menampung aspirasi mahasiswa terkait dengan pendidikan/kurikulum yang diterapkan di FK UII.
  4. Turut membantu mewujudkan dokter lulusan FK UII yang lulus uji kompetensi dengan baik.
  5. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan didampingi oleh sekretaris departemen serta staf departemen.
  6. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  7. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

10. Departemen Eksternal Komunikasi dan Informasi

  1. Menjalin hubungan diplomatik dengan lembaga lain dalam lingkungan Keluarga Mahasiswa UII dan pihak-pihak eksternal atau organisasi-organisasi di luar kampus  yang dapat menunjang kegiatan kelembagaan.
  2. Menjalin hubungan yang dinamis dan harmonis antara LEM FK UII dengan lepihak internal dan eksternal kampus.
  3. Menciptakan jaringan komunikasi dan informasi di bidang kelembagaan dan kemahasiswaan melalui multimedia.
  4. Mengelola informasi terkait dengan kebutuhan organisasi baik secara internal maupun eksternal.
  5. Secara aktif melakukan kegiatan promosi kelembagaan FK UII.
  6. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan di dampingi oleh sekretaris departemen serta staff departemen.
  7. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  8. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

11.  Departemen Seni Dan Olahraga

  1. Mengakomodasi potensi, minat, dan bakat mahasiswa di bidang seni dan olah raga serta memfasilitasi dalam bentuk kegiatan.
  2. Meningkatkan prestasi-prestasi di bidang minat dan bakat mahasiswa yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran UII.
  3. Mengadakan kegiatan yang bersifat rekreatif dan edukatif.
  4. Melakukan koordinasi aktif dengan UKM yang terkait olahraga dan seni yang ada di Fakultas Kedokteran UII.
  5. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan didampingi oleh sekretaris departemen serta staf departemen.
  6. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  7. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

12. Departemen Kajian Strategi dan Advokasi

  1. Melakukan kajian dan advokasi dalam berbagai bentuk yang berkenaan dengan isu-isu aktual non-akademik yang ada baik di lingkungan Fakultas atau kehidupan masyarakat dan menjadi penggerak kritisasi terhadap fenomena mahasiswa hingga sosial masyarakat.
  2. Menjembatani kepentingan mahasiswa terhadap kebijakan non-akademik kampus dan menciptakan dinamisasi pergerakan kampus.
  3. Melakukan kajian dan advokasi berkenaan dengan peraturan-peraturan ataupun kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berhubungan dengan dunia kesehatan.
  4. Riset strategis mengenai kondisi mahasiswa yang ada dan bekembang di lingkungan Fakultas Kedokteran UII.
  5. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan didampingi oleh sekretaris departemen serta staff departemen.
  6. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  7. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

13. Departemen Kewirausahaan

  1. Mengusahakan sumber-sumber penerimaan lain untuk kelancaran kerja organisasi
  2. Mengupayakan penyediaan kebutuhan mahasiswa yang berkaitan dengan kelancaran kegiatan kulikuler maupun ekstrakulikuler.
  3. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang dana usaha.
  4. Dalam aktivitasnya dipimpin oleh seorang ketua departemen dan didampingi oleh sekretaris departemen serta staf departemen.
  5. Dalam melaksanakan kerjanya berkoordinasi dengan bidang lain.
  6. Ketua Departemen wajib membuat Laporan Pertanggung Jawaban diakhir kepengurusan.

Pengumuman Akademik