Upaya Menghasilkan Tenaga Kesehatan Yang Profesional, Poltekes Gandeng FK UII

 

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2017-03-06 at 09.28.42-2.jpeg

Caption : Nampak penuh kekeluargaan Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK didampingi tim Staf FK UII menerima kunjugan dari Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Yogyakarta. (Foto : Wibowo)

Kaliurang (UII News) – Bertujuan untuk sama-sama saling mengisi dan saling menguntungkan dalam bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam menghasilkan calon tenaga kesehatan profesional dan bermutu maka Poltekes Kementrian Kesehatan RI Yogyakarta gandeng Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII) guna mengimplementasikannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK saat menerima kunjungan dari Poltekes Kementrian Kesehatan RI yang dimpin langsung oleh Abidillah Mursyid, SKM, MS selaku Direktur pada hari Selasa, 17 Jumadil Ula 1438 H / 14 Februari 2017 di Ruang Sidang Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII).

Menurut dokter Linda, azas dari kerjasama ini adalah saling membantu dan saling mendapatkan manfaat secara timbal balik sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dengan prinsip sama-sama saling mengisi dan saling menguntungkan dalam bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan mencakup Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta didik dan pengembangan institusi; antara lain pendayagunaan dosen sebagai narasumber /tenaga pakar /dosen tamu, reviewer eksternal untuk menelaah proposal dan hasil penelitian, kerja sama penelitian (joint research), kerja sama publikasi (Joint publication), kerja sama pengabdian masyarakat, pelaksanaan Interprofessional Education (IPE), Pelaksanaan Interprofessional Collaboration (IPC)”, kata dokter Linda.

Sementara itu Direktur Poltekes Kementrian RI Yogyakarta, Abidillah Mursyid, SKM, MS mengaku bahagia karena bisa berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran UII, dengan adanya kegiatan ini maka Poltekes akan menyipakan juga tenaga-tenaga ahlinya.

“Dengan kerjasama ini maka kami dapat memanfaatkan untuk saling meningkatkan kualitas calon tenaga kesehatan yang profesional dengan cara memberikan informasi dan pengarahan mengenai perkembangan dan kemajuan dibidang kesehatan dalam rangka mendukung proses belajar mengajar di institusi baik di Poltekes maupun FK UII”, kesan Abdillah Mursyid. Wibowo