Tingkatkan Capaian Kompetensi Lulusan Tahap Pendidikan Klinik

C:\Users\WIBOWO\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2016-12-17 at 16.36.01.jpeg

Caption : Peserta Workshop Pendidikan Klinik FK UII nampak semangat saat mengkuti setiap acara (Wibowo)

KALIURANG (UII NEWS) – Guna meningkatkan capaian kompetensi kelulusan mahasiswa Program Pendidikan Klinik Program Studi Pendidikan Dokter maka Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Workshop Evaluasi Proses Pembelajaran dan Penilaian Pada Tahap Pendidikan Klinik.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK saat memberikan sambutannya pada hari Sabtu, 17 Robiul Awal 1438 H/17 Desember 2016 bertempat di Grand Aston Hotel & Convention Center, Jl. Urip Sumoharjo No.37 Yogyakarta, yang di hadiri oleh Wakil Rektor I UII, Dr. Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI serta dari Rumah Sakit Mitra Pendidikan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan agenda tahunan untuk mengevaluasi proses pembelajaran pada tahap pendidikan klinik, yang bertujuan untuk meningkatkan capaian kompetensi lulusan dan persiapan reakreditasi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII)”, ungkap dokter Linda.

Sementara itu, dokter Erlina Marfianti, M.Sc, Sp.PD selaku Kaprodi PSPD FK UII melakukan sosialisai tentang akreditasi terbaru bagi prodi pendidikan dokter dengan mengutip UU no.20 Th. 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 ayat 22 yang menyatakan bahwa akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah di tetapkan.

Selama dua hari para peserta mendapatkan materi tentang Regulasi Rumah Sakit Pendidikan di Indonesia dengan pemateri dr. Ina Rosalina, M.Kes, Sp.A(K), materi Evaluasi Pembelajaran tahap klinik FK UII sosialisasi Kurikulun Pendidikan Klinik 2016 oleh Kaprodi PSPD FK UII, dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD, dan How To Be a Good Clinical Teacher oleh Dekan FK UGM, Prof.dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D serta materi terakhir tentang Filosofi Pendidikan Dokter oleh dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, M.A., M.Med.Ed., Ph.D. Wibowo