TBMM Humerus FK UII Tuan Rumah MER PTBMMKI se Jateng DIY

  • Diposkan oleh

Kulon Progo (UII News) – Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Humerus Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Medical Emergency Rescue (MER) bagi anggota Persatuan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMI) .

            Demikian di sampaikan oleh Yossy Fitra 2012 FK UII selaku penanggungjawab kegiatan dalam acara tersebut, yang diselenggarakan di Kulonprogo pada hari Sabtu-Minggu, 7-8 Februari 2015 yang dimotori oleh  40 orang panitia  yang berasal dari TBM Humerus FK UII,  TBM Alert (FK UMY), TBM Panacea (FK UGM), dan TBM Aorta (FK UKDW).

            Menurut Yossy, kegiatan ini dengan tema water rescue. Acara ini dilaksanakan didua tempat yang berbeda yaitu di Gedung Kaca (Pemkab Kulon Progo) dan Pantai Congot. Kegiatan di Gedung Kaca diisi dengan materi tentang penanganan klinis water rescue oleh dr. Tri Yunanto Arliono, SpEM.  Sedangkan materi kedua berasal dari Basarnas DIY mengenai metode evakuasi dan SAR sistem. Malam harinya dilakukan praktek simulasi kering berdasarkan dari materi yang telah disampaikan. Pada hari kedua dilakukan simulasi lapangan di Pantai Congot dengan scenario adanya kapal yang tenggelam beserta probandus-probandus yang berperan sebagai korban.

“MER tahun ini diikuti dengan sejumlah perserta yang berkisar 90 orang yang berasal dari 10 TBM wilayah 3 PTBMMKI yaitu Jogja, Semarang, Solo, dan Purwokerto”, kata Yossy.

Sementara itu Salah seorang peserta bernama Uray Fajrina angkatan 2012 yang berasal dari TBM Alert FK UMY  mengungkapkan bahwa MER tahun ini yang bertemakan water rescue merupakan pengalaman pertama baginya.

“MER kali ini mengesankan, ilmunya sangat bermanfaat, bisa membangu kerjasama dengan orang-orang yang berkompeten di bidangnya seperti Basarnas, dan saling kenal satu sesama anggota TBM se DIY – Jateng”, demikian kesan Uray. Wibowo