TBMM FK UII Ikuti RAKERNAS II PTBMMKI

TBMM FK UII Ikuti RAKERNAS II PTBMMKI

TBMM FK UII Ikuti RAKERNAS II PTBMMKI

        Kaliurang (UII News) – Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Humerus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII) mengikuti acara Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) ke II yang diselenggarakan oleh Persatuan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI).

        Hal tersebut disampaikan oleh Zulfikar Wicaksana, setelah mengikuti acara tersebut yang diselenggarakan pada hari Kamis – Ahad, 13-16 Dzulhijah 1437 H / 15-18 September 2016 di Hotel Venus, Kendari, dengan penyelenggara dari Fakultas Kedokteran Halu Uleo, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dijelaskan oleh Zulfikar, menerangkan bahwa rangkaian acara yang pertama adalah pembukaan, yang dilaksanakan di Kantor Walikota Kendari. Sesampainya di kantor walikota Kendari, seluruh delegasi disambut dengan tarian Mondotambe. Tari Mondotambe atau tari penjemputan merupakan tarian khas Suku Tolaki sebagai bentuk penyambutan kepada tamu. Suku tolaki merupakan suku asli Kendari. Kemudian acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana RAKERNAS II PTBMMKI, Ketua TBM Ischiadicus dari Universitas Halu Uleo, Ketua PTBMMKI dari TBM Avicenna FK UPNV, Dekan FK Universitas Halu Uleo yang diwakilkan oleh Konsulen Fakultas Kedokteran FK Universitas Halu Uleo, dan Rektor Universitas Halu Uleo.

        Menurut Zulfikar, RAKERNAS merupakan sebuah wadah bagi seluruh tim bantuan medis yang berada di seluruh Indonesia yang tergabung dalam PTBMMKI untuk bermusyawarah terkait program kerja ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, serta pemaparan dari masing-masing kepala staf (Staf Penanggulangan Bencana, Staf Pendidikan dan Latihan, Staf Hubungan Luar, Staf Informasi dan Komunikasi, Staf Keuangan, Staf Administrasi dan Organisasi), pemaparan program kerja dan seluruh koordinator wilayah 1, 2, 3, 4, dan 5 serta tenderisasi kegiatan nasional (Rakernas, Semnas, dan PTBMMKI Cup).

        “Para delegasi mendapatkan kuliah dari dr. Steven Ridwan, M.Kes, Sp.OG dengan materi “Kegawatdaruratan Obstetri (Hemoragik Post Partum)” sebagai pembekalan materi bagi seluruh delegasi yang merupakan tim bantuan medis”, kata Zulfikar. Wibowo