TBMM FK UII Ikuti Pelatihan Medical Emergency Rescue di Waduk Sermo Kulon Progo

 

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\1492036833807.jpg

Caption : Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Humerus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia(UII) saat mengikuti pelatihan Medical Emergency Rescue (MER) dengan tema water rescue, yang diselenggarakan oleh TBMM Wilayah 3 di Waduk Sermo, Kulonprogo, DIY. (Foto Wibowo/Istimewa).

Kaliurang (UII News) – Guna meningkatkan kemampuan dalam meolong sesasama dalam kecelakaan air serta meningkatkan keterampilan medik maka Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Humerus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia(UII) mengikuti pelatihan Medical Emergency Rescue (MER) dengan tema water rescue.

Hal tersebut di ceritakan oleh Ari Fitriansyah setelah mengikuti pelatihan tersebut yang diselenggarakan oleh Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Wilayah 3 pada Sabtu-Ahad, 11-12 Sya’ban 1438 H / 8-9 April 2017, di Waduk Sermo, Kulonprogo, DIY.

Menurut Ari, dia mengatakan bahwa bersama dengan 4 temanya dari TBMM Humerus FK UII mengikuti acara TBMM wilayah 3 yaitu Medical Emergency Rescue (MER) dengan tema water rescue. MER diadakan di 2 tempat yaitu di Universitas Kristen Duta Wacana dan Waduk Sermo, Kulonprogo. Ada 5 delegasi dari TBMM Humerus yang mengikuti MER, diantaranya Ari Fitriansyah, Desti Auliya, Muhammad Naufal Arkhaputra, Angganis Punthanidewi dan Rizqi Nafis Sania Adibi.

Pada hari pertama tanggal 8 April 2017, agenda MER yaitu pembekalan materi-materi water rescue yang terdiri dari materi pengenalan water rescue dan medical first responder dari tim SAR. Setelah dibekali beberapa materi, kami berangkat menuju Waduk Sermo. Para delegasi menuju wisma dan kami mendapat materi tentang pengenalan alat water rescue, metode pertolongan di air, teknik defend and release dari tim SAR. Untuk persiapan simulasi water rescue, dilakukan briefing kepada para delegasi. Seusai briefing, acara berlanjut dengan makrab yang diisi dengan pensi dari setiap TBMM.

Hari Minggu, 9 April dilakukan simulasi water rescue. Pukul 07.30 kami berangkat menuju Waduk Sermo. Skenario water rescue pada MER kali ini adalah pesawat jatuh di Waduk Sermo.

“ Simulasi water rescue berlangsung selama 2 jam mulai dari evakuasi korban sampai penanganan korban. Kemudian tim SAR, delegasi dan panitia melakukan evaluasi dan tanya jawab”, kata Ari. Wibowo