Tanggungjawab Ibadah dan Dakwah Pengajian Periode September 2016 FK UII – Ustadz Abu Nila

pengajian-september-ustad-abu-nila

Kaliurang (FK UII) – Apabila orang mempunyai keimanan yang kuat maka tidak akan ada keraguan dalam melangkah. Hal ini disebabkan orang yang beriman kepada Allah dalam menjalankan segala aktifitasnya selalu dilandasi atas keyakinan yang penuh bahwa semua hanya untuk dan  karena Allah SWT. Ketika seseorang mampu mencapai kondisi seperti ini, maka orang tersebut akan selalu tenang dalam menghadapi hidup ini.  Demikian pengantar singkat dari Ustadz Abu Nila yang menjadi pembicara dalam pengajian rutin FK UII pada Hari Kamis, 29 September 2016 pukul 13.00 WIB di Auditorium Lt 1 FK UII.

Lebih lanjut Ustadz Abu Nila mengatakan bahwa orang yang imannya kuat tentu saja apa yang dilakukannya selalu baik. “ Orang yang memiliki iman kuat pasti semua yang dilakukannya adalah yang baik-baik, karena semua diniatkan ibadah kepada Allah SWT,” demikian terangnya dengan penuh semangat.

Ustadz pimpinan Ponpes Lansia Salamah Srandakan Bantul ini juga menambahkan , jika yang kita lakukan selalu yang baik maka aura kita juga selalu baik atau positif. “Ayo kita berusaha sekuat tenaga untuk meninggalkan yang buruk dalam kehidupan kita. Mari perbanyak dzikir, sholat rowatib, tahajut, puasa, baca Al Quran, mengaji, berbuat baik terhadap orang lain, menghilangkan penyakit hati, dsb. Yang penting juga mari kita ikuti apa yang dilakukan Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari, insya Allah hidup kita akan baik,” begitu nasihatnya.

Selanjutnya Ustadz Abu Nila juga mengingatkan agar setelah ibadah kita jalankan, maka kita juga harus berdakwah. Jadi antara ibadah dan dakwah harus bisa jalan semuanya. Menurut beliau dakwah mempunyai makna mengajak menuju kebaikan. “Jadi kita tidak hanya ibadah saja tapi juga harus dakwah  mengajak orang lain untuk berbuat baik. Sesuatu yang baik harus kita sampaikan walaupun kita belum melakukannya. Dakwah itu seperti melempar bola jadi bisa memantul kepada kita,  sehingga kalau kita mengajak kebaikan maka akan ada efek balik sehingga kita akan terpacu berbuat baik juga,” demikian tegas ustadz yang sering mengenakan baju putih itu.

Pengajian yang dihadiri oleh dosen, dan karyawan FK UII itu berjalan meriah karena selain yang hadir cukup banyak, pertanyaan yang diajukan audien bervariatif dan semuanya dapat dijawab oleh Ustadz Abu Niila dengan sangat memuaskan. Di akhir acara pengajian, seperti biasa dibagikan doorprize menarik untuk 10 jamaah. AK/Tri