Studi Banding UII ke IPB

  • Diposkan oleh

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan kemahasiswaan di lingkungan UII, para Dekan di lingkungan UII dan Wakil Rektor II berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB),  Rabu, 25 Februari 2015. Agenda kunjungan yaitu ingin melihat secara langsung pola pembinaan mahasiswa. Pola pengembangan mahasiswa IPB memiliki keunikan, dimana mahasiswa baru harus melalui Program Pendidikan Tingkat Persiapan Mahasiswa selama 1 tahun. Mahasiswa selama tingkat persiapan harus tinggal di asrama.

Beberapa permasalahan yang muncul di program persiapan antara lain kendala bahasa dan budaya dan tidak terbiasa mandiri. Pembelajaran pada program persiapan ini terutama basis ilmu dan soft skill. Dari studi banding ini diharapkan UII dan pengelolaan kemahasiswaan tingkat fakultas dapat merancang kegiatan semacam ini untuk meningkatkan kualitas pola pembinaan mahasiswa.

Akademik dan kemahasiswaan digabung karena sifatnya komplementari dan secara akademik. Visi IPB menjadi PT berbasis riset, bertaraf internasional & penggerak prima pengarustamaan pertanian

Foto Klik