SMART FK UII Studi Banding ke FK UNDIP Semarang

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News) – Untuk mengadopsi program-program kerja yang sesuai dengan FK UII dengan harapan dapat lebih memajukan dan mengenalkan lembaga ilmiah maka Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scientific Medical Activities of Research and Technology (SMART) melakukan studi bandi ke Fakultas Kedokteran (FK)  Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Hal itu disampaikan oleh Faisal Ridho Sakti selaku ketua UKM SMART FK UII sepulang dari kegiatan Studi Banding pada hari Sabtu, 24 Januari 2015 atau bertepatan dengan tanggal 03 Rabiul Akhir 1436 H yang diikuti segenap anggota UKM SMART FK UII.

Menurut Faisal menceritakan bahwa pemilihan UNDIP sebagai target kunjungan SMART adalah selain dikarenakan jarak tempuhnya yang tidak begitu jauh, KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) UNDIP juga merupakan lembaga keilmiahan yang dinilai lebih maju, terbukti melalui karya-karya unggulnya yang sering memperoleh predikat juara dalam suatu lomba.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk langkah nyata SMART dalam upaya memajukan lembaga keilmiahan FK UII baik di lingkungan internal maupun eksternal’, kata Faisal.

            Lebih lanjut Faisal menambahkan bahwa sesampainya di FK UNDIP, teman-teman KSM segera mempersiapkan sambutan hangatnya mulai dari sapaan bersahabat hingga nasyid. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi menarik dari BURT dan masing-masing dari kepala divisi KSM.  “SMART benar-benar mendapat ilmu baru dari kunjungan ke UNDIP”, katanya

            Salah satu program kerja yang bisa diadopsi dari KSM FK UNDIP adalah MEET-MOT ( Meeting Motivation), yaitu sebuah acara seminar yang menampilkan karya-karya penilitian dosen yang berprestasi guna memicu semangat mahasiswa FK untuk melaksanakan penelitian.

“Dari segi publikasi, KSM FK UNDIP menyarankan untuk pengumuman tentang lomba-lomba ternyata lebih efektif jika diedarkan langsung ke kelompok diskusi kecil (Diskusi Tutorial)’, demikian penjelasan dari Faisal. Wibowo