Seminar Proposal Hibah Penelitian Dosen FK UII 2017 Gelombang 1

Fakultas Kedokteran UII kembali mengadakan hibah penelitian bagi dosen pendanaan tahun 2017. Hibah penelitian dosen tahun 2017 terdiri atas beberapa skema yaitu hibah departemen @ 25 juta rupiah, hibah dosen tetap @ 20 juta rupiah, hibah dosen tidak tetap @ 10 juta rupiah dan hibah kerjasama yang melibatkan dokter pendidik klinis (dodiknis) di RS pendidikan dan Puskesmas jejaring FK UII dan instansi lainnya seperti Balai Litbang GAKI. Kegiatan hibah penelitian tersebut dikoordinir oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) FK UII. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan luaran hibah berupa publikasi di jurnal ilmiah. Lebih dari 40 proposal penelitian yang ikut serta dalam hibah penelitian dosen FK UII gelombang 1.

Proposal hibah yang terkumpul akan dilakukan desk evaluation oleh tiga orang reviewer dan dilanjutkan dengan seminar proposal. Adanya review proposal dari eksternal diharapkan menambah masukan bagi peningkatan kualitas penelitian di FK UII. Seminar proposal penelitian hibah dosen ini berlangsung selama 5 hari yaitu :

  1. Rabu, 3 Mei 2017 untuk penelitian klinis 1 dengan reviewerdr. Madarina Julia, MPH,Ph.D,Sp.A(K), dr. Gunadi,Ph.D, Sp.BA dan Dr. drg. Dibyo Pramono,S.U,MDSc.
  2. Jum’at, 5 Mei 2017 untuk penelitian pre klinis 1 dengan reviewer Farida Hayati, S.Si, M.Si, Apt, dr. Ahmad Hamim Sadewa,PhD, dan dr.Tri Wibawa, Ph.D
  3. Selasa, 9 Mei 2017 untuk penelitian epidemiologi, community based dan kualitatif dengan reviewer dr. M. Hakimi, Sp.OG,Ph.D, dr.Lutfan Lazuardi,M.Kes,Ph.D dan Dr.Dra.Retna Siwi Padmawati,MA.
  4. Kamis, 11 Mei 2017 untuk penelitian klinis 2 dengan reviewerdr.Bambang Udji Joko Rianto,Sp.THT-KL(K),M.Kes, dr. Rina Triasih,M.Med(Paed), Sp.A(K), phD dan dr.Jarir At Thobari,Ph.D.
  5. Rabu, 17 Mei 2017 untuk penelitian pre klinis 2 dengan reviewer Jajah Fachiroh,S.P.,M.Si, Ph.D, dr. Nur Arfian, PhD dan dr. Ginus Partadireja,M.Sc,Ph.D

Peserta hibah penelitian diharapkan memperbaiki proposal penelitian sesuai masukan reviewer paling lambat 1 minggu setelah diumumkan dan mengumpulkan ke sekretariat UPPM FK UII. Tahapan selanjutnya adalah mengurus ethical clearance dan penandatanganan kontrak penelitian. Saat ini UPPM masih membuka penerimaan hibah departemen gelombang 2 paling lambat tanggal 18 mei 2017.