Sehat Bangsaku Sehat Negeriku

  • Diposkan oleh

Sleman (UII News) – Dinas Kesehatan Sleman Yogyakarta dukung Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia dalam membina pedagang asongan dalam menjual jajanan agar memenuhi standar kesehatan, dan pemenuhan gizi yang layak dikonsumsi oleh masyarkat di wilayah Sleman.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sleman, dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes saat melihat para pedagang asongan binaan FK UII dalam acara Hari Kesehatan Nasional pada hari Jum’at, 28 Muharam 1436 H bertepatan pada tanggal 21 November 2014 di lapangan Dengung, Kabupaten Sleman, DIY, yang dihadiri oleh Bupati, Dinas Terkait se Kabupaten Sleman, dan perwakilan Sekolah Dasar se Kabupaten Sleman, DIY.

Menurut dokter Mafilinda, upaya yang dilakukan FK UII dalam membina kumpulan pedagang asongan (KUPAS) jelas kami dukung, dari 700 pedagang yang ada nantinya akan bisa dibina dengan baik agar jajanan yang dijual tidak sembarang dan diterima oleh masyarakat, terutama dilingkungan sekolah.

“Di Hari Kesehatan Nasional ini, kami mengambil tema Sehat Bangsaku Sehat Negeriku, dengan menghadirkan para pedagang asongan yang sudah dibina oleh FK UII, sehingga masyarakat bisa mendapatkan edukasi agar bisa memilih makanan atau jajanan yang sehat dan aman, “STOP Jajan Sembarangan”, kata dokter Mafilinda.

Sementara itu, dr. Sunarto, M.Kes Kadep IKM FK UII selaku Pembina Kumpulan Pedagang Asongan (KUPAS) Sleman akan melakukan pembinaan secara terus menerus, akan mengecek kandungan makanan yang dijual dengan cek laboratorium, sehingga jajanan yang dijual memang bebas dari zat-zat yang berbahaya serta layak dimakan.

“Setelah diuji dilaboratorium UII, maka akan diberikan labelisasi makanan sehat dan aman, dengan demikian masyarakat tidak ada kekhawatiran untuk mengkonsumsinya”, jelas dokter Narto. Wibowo