,

Rima Nur Rahmawati, Muhammad Alvin Ramadhan Usman dan Zara Desriana Widia Bawa Pulang Emas dari HKIE 2017, Hongkong

C:\Users\WIBOWO\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2017-02-02 at 10.26.34.jpeg

 

C:\Users\WIBOWO\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2017-02-02 at 10.26.34.jpeg

Caption : Mahasiswa UII saat mengikuti HKIE 2017 di Hongkong (Wibowo)

Kaliurang (UII News) – Hong Kong International Invention Innovation and Entrepreneurship Exhibition (HKIE) merupakan sebuah ajang perlombaan di bidang inovasi dan kewirausahaan. Perlombaan tersebut mengintegrasikan inovasi-inovasi yang ada dengan bidang kewirausahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rima Nur Rahmawati (FK UII 2013) setelah meraih mendali emas seusai mengikuti Hong Kong International Invention Innovation and Entrepreneurship Exhibition (HKIE) bersama kedua temannya Muhammad Alvin Ramadhan Usman (FK) dan Zara Desriana Widia (FK) di City University of Hong Kong, Kowloon, Hong Kong pada hari Kamis – Sabtu, 20 -22 Robiul Akhir 1438 H / 19 – 21 Januari 2017.

Menurut Rima, bersama dengan kedua temannya membawa bendera tim ke-2 dengan judul penemuan PAKEM a Blend of Papaya Seeds and Ocimum sanctum L. as an Aromatherapy and Repellent Candles.

“Peserta ajang ini bersifat umum, dimana seluruh lapisan dan kriteria usia dapat mengikutinya. Bidang yang dapat dilombakan pun ada berbagai macam, antara lain aerospace & aviation, agriculture, audio-visual equipment, biotechnology, chemicals, educational items, electricity, I.C.T & multimedia, industrial design, office products, special care, child care, dan lain-lain” kata Rima.

Lebih lanjut dijelaskan rima bahwa Peserta ajang HKIE 2017 dari Indonesia secara kolektif dikoordinir oleh Indonesian Innovation and Invention Promotion Association (INNOPA). Pada tahun ini, peserta HKIE berasal dari 9 negara yaitu Indonesia, Hong Kong, Korea, Taiwan, Thailand, Malaysia, Sri Lanka, Vietnam, Filipina, China, dan Kanada. Beberapa di antaranya juga dikoordinir oleh asosiasi serupa.

Alhamdulillah, tim UII mendapat 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 special award yang diberikan oleh Hong Kong”, kata Rima.

Ditambahkan oleh Rima bahwa secara umum peroleh yang dicapai oleh Delegasi UII selama mengikuti ajang tersebut adalah Medali emas untuk tim PAKEM (tim 2), Medali perak untuk tim ONE, Best Invention Award dari asosiasi inovasi Hong Kong untuk kedua tim (PAKEM dan ONE), Pengalaman mengikuti perlombaan internasional, Relasi dengan peserta lain, warga Negara Indonesia yang bekerja di Hong Kong, serta panitia penyelenggara kegiatan terjalin dengan baik. Wibowo