Rektor UII, Dokter Alumni UII Wajib Jadi Teladan

WhatsApp Image 2017-04-19 at 13

 

WhatsApp Image 2017-04-19 at 13Caption : Setelah prosesi pelantikan dan Sumpah Dokter, Rektor UII Nandang Sutrisno, S.H.,M.Hum.,LLM.,Ph.D. berfoto bersama jajaran Pimpinan FK UII dan dokter baru FK UII (Photo Wibowo)

Kaliurang (UII News) – Dengan dilandasi semangat keikhlasan dan dedikasi untuk menjadi insan yang membawa misi rahmatan lil alamin, kami yakin bahwa para dokter lulusan Fakultas Kedokteran UII dapat memberikan kontribusi terbaiknya kepada bangsa dan negara ini ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, S.H.,M.Hum.,LLM.,Ph.D saat menyampaiakan sambutannya dalam acara Pelantikan dan Sumpah Dokter Periode XXXVII Tahun 2017 Fakultas Kedokteran UII pada hari Rabu, 22 Rajab 1438 H / 19 april 2017 bertempat di Auditorium KHA. Abdul Kahar Muzakir, Komplek Masjid Ulil Albab, Kampus UII, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta, yang diikuti oleh 29 orang, terdiri dari 9 laki-laki dan 20 perempuan.

Menurut Rektor UII, Nandang Sutrisno, S.H.,M.Hum.,LLM.,Ph.D persoalan di bidang kesehatan yang masih dihadapi di antaranya adalah masih belum meratanya distribusi tenaga kesehatan, khususnya tenaga dokter.

“Oleh karena itu, kita berharap para dokter baru bersedia bekerja atau memilih wahana internship di daerah-daerah pelosok guna memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat yang selama ini kerang mendapat pelayanan kesehatan yang memadai”, pesannya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sebagai alumni UII hendaknya tetap berusaha menjadi teladan dan berakhlaqul karimah dalam segala hal serta ikut menda’wahkan Islam di lingkungannya. Atas nama pimpinan universitas dan segenap keluarga besar UII, kami ucapkan selamat atas keberhasilan para dokter baru dalam menempuh studi di Fakultas Kedokteran UII. Kami juga menitipkan nama baik almamater tercinta di pundak para dokter sekalian. Amalkan ilmu yang diperoleh di Fakultas Kedokteran UII untuk kemashlahatan ummat, demikian tutur Rektor UII kepada para dokter baru FK UII.

Sementara itu selaku Dekan FK UII, dokter Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK menyampaikan bahwa Total jumlah dokter yang sudah disumpah sampai saat ini 1311 dokter dengan rata – rata umur menjadi dokter pada usia 25 Tahun.

Lebih lanjut, dokter Linda menambahkan bahwa Rumah sakit tempat pendidikan klinik yang ditempati para dokter baru yang baru saja di sumpah adalah RSUD Muntilan, RSUD Wonosari, RSJ Grhasia Yogyakarta, RS Bhayangkara Semarang, dan Puskesmas Dinkes Kabupaten Magelang.

“Untuk Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Pendidikan Dokter terbaik dicapai oleh Rakhmad Harissono dengan IPK Dokter 3,84, sedangakan nilai terbaik UKMPPD CBT dicapai oleh Ayu Wahyuni dengan nilai 80.50, dan untuk nilai terbaik UKMPPD OSCE dicapai oleh Rakhmad Harissono dengan nilai 37.08”, demikian laporan Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK. Wibowo