Refreshing Mentoring di FK UII

  • Diposkan oleh

Kegiatan mentoring merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa FK UII untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam. Hal ini penting sebagai salah satu proses dalam mewujudkan keunggulan FK UII yang sesuai dengan tujuan strategis 1 dan 4 yaitu keungulan keislaman dan keunggulan mahasiswa berkarakter. Untuk meningkatkan kemampuan para mentor dalam membimbing mentee maka perlu dilakukan refresing bagi para mentor. Refresing mentoring tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 12  November 2014 dengan menghadirkan ustad Abu Ayyub yang diikuti seluruh mentor FK UII. Sang ustad membekali para mentor dengan nasehat yang sangat menyentuh bahwa menjadi mentor yang sukses itu harus mau belajar kepada perilaku Rosululloh. Dalam sejarah tercatat bahwa banyak orang kafir Quraisy masuk Islam bukanlah semata-mata karena dibacakan kepada mereka ayat-ayat Allah kemudaian mereka langsung beriman. Mereka tertarik dengan Islam karena akhlaq Rosululloh yang agung,luhur dan berbudi sampai-sampai tiap sahabat merasa menjadi orang yang paling dicintai Rosululloh.  Pribadi Rosululloh benar-benar mampu menjadi magnet bagi umatnya dan sahabat-sahabatnya.

Ustad Ayyub menjelaskan bagaimana caranya para mentor bisa menjadi magnet bagi para mahasiswa. Caranya adalah dengan menjadi guru spiritual yang mampu menumbuhkan keimanan dan mampu menggerakan untuk beramal sholeh. Mentor juga dituntut supaya mumpuni dalam hal keilmuwan supaya bisa mengajarkan ilmu yang benar kepada para mentee. Kemudian mentor harus bisa menjadi orang tua bagi mahasiswa yang mampu mengayomi, mengasihi dan menyangi. Mentor mampu memahami dan mendalami sifat atau kepribadian setiap mahasiswanya. Selain itu mentor juga harus mampu memnjadi pemimpin yang selalu terdepan dalam segala hal untuk memberikan keteladanan. Terakhir mentor juga harus mampu menjadi sahabat yang tulus karena setiap sahabat dapat memberikan syafa’at kelak di hari kiamat.

Kegiatan ini semoga menjadi penyemangat dalam meneruskan perjuangan membumikan Islam di FK UII menuju UII yang ramatalil’alamin. Diakhir kegiatan ini dr. Fadli mengharapkan semoga komitmen mentor tetap terjaga dan semakin bersemangat dalam membimbing mahasiswa. Semoga Allah meridhoi UII selalu. Amien

Veby/SAA