Public Hearing FK UII 2012

  • Diposkan oleh
  Public Hearing merupakan salah satu cara untuk menangkap aspirasi, masukan dan informasi dari mahasiswa. Untuk itu pada tanggal 12 Januari 2012 Departemen Kajian Strategis Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia mengadakan sebuah kegiatan Public Hearing 2012 yang bertempat di Auditorium FPSB untuk membahas “Kebijakan-kebijakan di FK UII”. Tujuan Public Hearing tersebut tidak hanya menampung aspirasi mahasiswa dan menyampaikan transparansi juga rasionalisasi berbagai kebijakan di FK UII melainkan sebuah kegiatan silaturahmi antara Dekanat dengan Mahasiswa.
Acara Public Hearing kedua ini dihadiri oleh dr. Isnatin Miladiyah,M.Kes selaku Dekan FK UII, dr. Titik Kuntari, M.Kes selaku Wakil dekan FK UII, dr. Erlina Marfianti, Sp. PD selaku Sekertaris Prodi FK UII,  Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB. Acara yang dibagi menjadi 2 sesi ini mengangkat beberapa permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan di fakultas seperti kegiatan KKN 2009 yang memiliki kendala, perkembangan pembangunan Rumah Sakit Pendidikan, kejelasan pengadaan Laboratorium Kekhususan Fakultas Kedokteran, Remediasi di akhir semester 7, transparansi keuangan kemahasiswaan dan evaluasi perbaikan fasilitas fakultas guna menunjang persiapan menuju akreditasi 2012.
 Antusiasme yang cukup baik dari mahasiswa untuk memperjuangkan setiap aspirasi mereka dibuktikan dari kehadiran perwakilan seluruh mahasiswa dari setiap angkatan, perwakilan Co-Ass dan anggota kelembagaan untuk bersuara menanyakan langsung apa saja permasalahan yang dirasakan selama ini dan menyampaikan beberapa solusi nyata secara terbuka, sehingga terjadi keselarasan antara pihak dekanat dengan mahasiswa.
Beberapa hasil yang didapatkan terkait permasalahan yang disampaikan berupa konfirmasi jadwal KKN yang akan tetap disesuaikan dengan jadwal akademik dan system pembelajaran fakultas kedokteran sehingga tidak memberatkan mahasiswa, turut sertanya perwakilan mahasiswa dalam peninjauan langsung ke lokasi Rumah Sakit Pendidikan, perubahan lokasi pengadaan Laboratorium Kekhususan paling lambat disosialisasikan pada februari 2012, adanya remediasi di akhir semester 7 yang akan dilaksanakan setelah blok terakhir selesai,  transparansi dana kemahasiswaan yang akan dirancang sendiri oleh lembaga selama 1 tahun kedepan dan berbagai evaluasi fasilitas dan sistem pembelajaran yang akan diperbaiki bersama oleh seluruh civitas akademik FK UII.
Dari semua rasionalisasi permasalahan cukup memberikan gambaran dari setiap pernyataan yang dipertanyakan oleh mahasiswa, walaupun masih ada beberapa masalah yang masih membutuhkan jawaban dan tindakan yang jelas dari dekanat yang akan di follow up 2 minggu setelah kegiatan public hearing ini. Sehingga diharapkan dengan kegiatan ini, tidak banyak komunikasi  yang salah, informasi yang mengambang dan rasionalisasi kebijakan yang tidak jelas karena sebagai Universitas yang menganut Student Government semua kegiatan kampus dilakukan dari mahasiswa, oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Semoga kedepannya public hearing bisa dilakukan secara rutin agar terjalinnya silaturahmi yang baik dan transparansi yang jelas dari pihak kampus. Hidup Mahasiswa!!! Allahuakbar!!! #Izzah Baridah