Program Pertukaran Mahasiswa Kedokteran

  • Diposkan oleh
IFMSA (International Federation of Medical Student's Associations) menyelenggarakan dua macam program pertukaran, yaitu Program Pertukaran Profesional (Professional Exchange) dan Program Pertukaran Riset (Research Exchange).

Program Pertukaran Profesional
Dalam struktur organisasi IFMSA, Program Pertukaran Profesional dipegang oleh suatu komite yang dikenal sebagai SCOME (Standing Committee on Professional Exchange). Untuk tingkat nasional, The National Exchange Officers (NEO) bertanggungjawab pada pelaksanaan program pertukaran, baik ditingkat nasional maupun internasional. Selain menandatangani kontrak pertukaran bilateral, seorang NEO juga mengatur prosedur pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program pertukaran dari negaranya.

Ditingkat daerah/lokal, program pertukaran dikelola oleh suatu Local Organising Committee. Keanggotaan komite ini biasanya berasal dari satu fakultas kedokteran. Lokal Organising Committee ini dikoordinasi oleh Local Exchange Officer (LEO) yang bertanggungjawab pada proses penerimaan dan penempatan mahasiswa tamu yang datang. Seorang LEO juga berfungsi sebagai penghubung antara mahasiswa tamu dengan dokter/dosen yang akan membimbing selama mengikuti program pertukaran.

Ada dua jenis Program Pertukaran Profesional yang ditawarkan, yaitu:

1. Pra klinik, dimana mahasiswa tamu belajar atau magang pada suatu bagian (department) pra klinik di fakultas kedokteran atau rumah sakit pendidikan. Semisal: belajar dan magang di bagian patologi fakultas kedokteran atau laboratorium patologi rumahsakit pendidikan;
2. Klinik, dimana mahasiswa tamu magang pada suatu bagian (department) klinis di rumah sakit atau praktek dokter umum/spesialis.

Lama program pertukaran rata-rata 4 minggu, menggunakan bahasa pengantar Inggris atau bahasa negara tempat magang. Daftar negara yang menawarkan Program Pertukaran Profesional dan informasi nya dapat dilihat di http://www.ifmsa.org/scope/ec.htm . Informasi lebih lanjut mengenai Program Pertukaran Profesional ada di http://www.ifmsa.org/scope/

Program Pertukaran Riset
Dalam struktur organisasi IFMSA, Program Pertukaran Riset dipegang oleh suatu komite yang dikenal sebagai SCORE (Standing Committee on Research Exchange ). SCORE dikoordinasi oleh seorang Director yang dipilih satu tahun sekali. Tugas utama Director SCORE adalah mengawasi kerja para NORE selama setahun penuh. Ditingkat nasional, Program Pertukaran Riset dikelola oleh NORE (National Officer on Research Exchange). Seorang NORE mempunyai tugas mempublikasi dan memperbarui daftar proyek riset (http://www.ifmsa.org/score/projects.html), menandatangani kontrak program pertukaran riset dengan NORE dari negara lain, serta menerima dan menyeleksi aplikasi pendaftaran. NORE juga mengkoordinasi kerja LORE (Local Officer on Research Exchange). Seorang LORE diangkat atau dipilih oleh komite lokal di fakultas kedokteran. LORE bertanggungjawab mengatur, mengelola dan mempromosikan program pertukaran riset di fakultas kedokterannya.

SCORE memberikan kesempatan bagi mahasiswa kedokteran suatu kesempatan unik untuk menjalani riset klinik maupun pra klinik di negara lain. Mahasiswa akan bergabung dalam suatu tim riset dan menjalani kegiatan riset dibawah bimbingan seorang tutor ahli. Selama menjalani program, mahasiswa akan dikenalkan pada prinsip-prinsip dasar riset, seperti studi literatur, mengkoleksi informasi, menulis ilmiah, kerja laboratorium, statistik dan aspek etik. Diakhir program, mahasiswa diharapkan untuk menulis esai singkat mengenai hasil dan pencapaiannya.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Pertukaran Riset dapat dibaca di http://www.ifmsa.org/score/