Program Beasiswa STUNED, Belanda

  • Diposkan oleh
Pemerintah Belanda melalui the Netherlands Education Centre menawarkan beasiswa kepada para profesional muda Indonesia yang berprestasi untuk melanjutkan studi pascasarjana di Belanda.

Target grup

Program beasiswa STUNED ini ditujukan kepada para profesional dari seluruh Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan S1, khususnya para staf pengajar, staf pemerintah (pusat dan daerah), staf LSM dan wartawan. Program beasiswa STUNED mengutamakan kesetaraan gender (minimum 50% wanita) dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Mereka yang telah memiliki gelar Ph-D (S3) tidak diperkenankan untuk mengikuti program ini.

Beasiswa STUNED meliputi

1. Total biaya perkuliahan;
2. Biaya hidup (uang bulanan) sesuai dengan standar hidup pada umumnya;
3. Premi asuransi (travel, kesehatan, asuransi tanggungjawab perorangan);
4. Biaya tiket pesawat yang telah ditetapkan;
5. Biaya transportasi selama di Belanda yang berkaitan dengan keperluan studi;
6. Bantuan untuk biaya yang berkaitan dengan keperluan studi, seperti buku-buku dan biaya pengiriman (besar pembayarannya tergantung dari masa studi);
7. Penggantian biaya izin tinggal.

Program Studi yang dapat dipilih

Mereka yang berminat untuk melamar beasiswa STUNED dapat memilih program pascasarjana yang diadakan oleh lembaga pendidikan tinggi di Belanda, dengan lama masa studi minimal 1,5 bulan dan maksimal 24 bulan. Hampir semua program studi menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Pada prinsipnya program studi yang dipilih harus dapat mencerminkan adanya relevansi dengan pembangunan Indonesia. Hampir semua program studi dapat diajukan pilihan kecuali literatur dan bahasa.

Daftar program studi dapat dilihat di Catalogue of International Courses in the Netherlands melalui website: www.nec.or.id, atau www.nuffic.nl

Kemampuan Berbahasa Inggris

Informasi mengenai jadwal tes dan contoh hasil TOEFL atau IELTS yang sesuai dengan yang disyaratkan dapat diperoleh di website NEC.

Pemaparan motivasi

Setiap pelamar diharuskan menyerahkan sebuah esai yang menjelaskan hubungan antara pilihan program studi dengan salah satu sektor pembangunan serta memaparkan keterkaitan antara pekerjaan mereka dengan sektor pembangunan tersebut. Esai ini juga menjelaskan bagaimana permohonan beasiswa tersebut sejalan dengan rencana pembangunan organisasi di mana mereka bekerja.

Persyaratan

Pelamar beasiswa STUNED harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Warga negara Indonesia;
2. Pendidikan minimum S1,IPK min 2,5;
3. Pengalaman min 2 tahun di bidang yg relevan;
4. Mempunyai latar belakan pendidikan atau bidang kerja yg sesuai dengan pilihan studi pascasarjananya;
5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris, min TOEFL 550 atau IELTS 213;
6. Tidak menempuh studi di luar negeri dalam kurun waktu 2 tahun terakhir;
7. Diterima di salah satu universitas di Belanda untuk tahun ajaran yang akan dijalani;
8. Usia tidak lebih dari 40 tahun untuk pria dan 45 tahun untuk wanita.

Selain persyaratan umum di atas, masing-masing universitas menentukan persyaratan pendaftaran tersendiri. Oleh karena itu dianjurkan agar pada tahap awal pelamar mencari informasi tentang prosedur pendaftaran tersebut. Harap mendaftar secepatnya, karena pelamar harus melampirkan surat penerimaan (admission letter) dari universitas pilihan di Belanda dalam formulir pendaftaran beasiswa.

Cara mendaftar

Langkah pertama adalah menentukan terlebih dahulu program studi yang tepat. Langkah berikutnya adalah mendaftar ke universitas untuk memperoleh penerimaan di program studi tersebut. Pendaftaran dapat dilakukan melalui e-mail. Masa pendaftaran di hampir seluruh program studi untuk setiap tahun akademik dibuka mulai bulan Januari.

Program beasiswa ditawarkan setiap tahun. Pendaftaran ditutup bulan April. Pengumuman penerimaan seleksi diumumkan sekitar bulan Juni. Formulir yang tidak lengkap tidak akan diproses.

Proses Seleksi

Dewan seleksi akan melihat bahwa beasiswa diberikan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam perjanjian kerjasama pembangunan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda. Kesempatan lebih besar diberikan kepada mereka yang berhasil memaparkan argumentasi yang kuat dan meyakinkan mengenai hubungan antara program studi yang dipilih dengan pekerjaan mereka dan dengan pembangunan di sektor terkait, dan/atau hubungan antara program studi yang dipilih dengan rencana organisasi dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kinerja dari organisasi tersebut.

Application form, informasi terkini dan penjelasan lebih lanjut serta daftar dokumen yang harus dilampirkan dapat diperoleh di: www.nec.or.id, beasiswa1@nec.or.id