Predikat Dokter adalah Kepercayaan Publik

  • Diposkan oleh
sumpah-dokter-fk-uii-angkatan-2002dr. Betty Ekawati selaku koordinator pendidikan klinik dalam sambutannya pada acara Sumpah Dokter angkatan 2001 dan 2002 mengatakan "bahwa setelah kita mendapat predikat dokter, ada pelajaran penting yang harus kita cermati, yaitu kepercayaan publik. Kenyataan hidup bermasyarakat memperlihatkan bahwa suatu bangunan relasi kemanusiaan dengan dimensi apapun hanya akan terpelihara dengan baik, apabila didasarkan pada timbulnya saling kepercayaan. Begitupula dengan profesi kedokteran yang keberlangsungannya akan sangat ditentukan oleh seberapa besar kepercayaan masyarakat terhadap kualitas para dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga kita harus senantiasa ingat bahwa predikat dokter tidak akan ada artinya apabila masyarakat tidak mempercayai gelar dokter yang kita miliki."

Seperti yang disampaikan oleh Prof.Rusdi Lamsudin selaku dekan FK UII dalam sambutannya yaitu para dokter lulusan FK UII diharapkan memiliki jiwa yang kreatif, produktif dan terbuka terhadap perubahan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, tetap dengan penuh keikhlasan untuk memelihara dan mengembangkan kepribadian sesuai dengan etika kedokteran islam serta melaksanakan amanat visi dan misi UII dalam perannya sebagai dokter.

  Sejak September 2001 FK UII telah meluluskan sebanyak 150 dokter dan pada acara ini sebanyak 17 orang dokter diambil sumpah nya.  Para dokter lulusan FK UII diharapkan menerapkan “The Five Star Doctor” dan berwawasan standar global diera globalisasi kedepannya