Persepsi Mahasiswi Fakultas Kedokteran UII terhadap Aktivitas Seksual selama Kehamilan Tahun 2005

  • Diposkan oleh
PERSEPSI MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA TERHADAP AKTIVITAS SEKSUAL SELAMA KEHAMILAN TAHUN 2005
 
Latar Belakang Masalah: Kehamilan adalah sesuatu yang amat didambakan bagi tiap pasangan. Namun selain rasa kegembiraan atas kehamilan tersebut akan timbul kegelisahan mengenai bagaimana supaya kehamilan itu aman. Banyak mitos salah etntang kehamilan yang beredar luas di masyarakat dan dianggap sebagai kebenaran, salah satunya mengenai seksualitas.

Tujuan Penelitian: Untuk menggambarkan persepsi wanita tentang aktifitas seksual selama kehamilan serta mencari apakah ada perbedaan persepsi antara wanita yangbelum pernah hamil, sedang hamil dan sudah pernah hamil mengenai aktifitas seksual
selama kehamilan.

Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yang bersifat penjelajahan (eksploratorif). Subyek penelitian adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia yang telah menikah. Pengumpulan data dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan cara wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara.

Hasil penelitian: Pada dasarnya hubungan seksual pada saat hamil tidak apa-apa, selama kehamilan tersebut tidak bermasalah, akan tetapi dengan pertimbangan kenyamanan ibu serta keamanan janin maka diperlukan beberapa perubahan dalam berhubungan seksual itu sendiri, dimana frekuensi serta posisi harus diperhitungkan. Disini dibutuhkan komunikasi yang baik antara suami dan istri, karena bagaimanapun tujuan seks adalah kepuasan kedua belah pihak, jadi tiap-tiap pasangan harus mengetahui apa yang diinginkan dan dirasakan pasangan lainnya.

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan persepsi yang berarti antara mahasiswi yang belum pernah hamil, sedang hamil dan sudah pernah hamil terhadap aktifitas seksual selama kehamilan. Hanya saja mahasiswi yang sedang hamil ataupun sudah pernah hamil akan mengerti masalah kehamilan dan khususnya seksualitas selama kehamilan karena telah mengalami kehamilan secara langsung.

Kata kunci: Persepsi, Aktifitas seksual, Kehamilan.

Pembimbing Utama
dr. H. P. Lutfi Ghazali.M.Kes

Pembimbing Pendamping
dr. R. Edi Fitriyanto