Perkembangan Terkini Prosedur Pencegahan dan pengendalian Infeksi

  • Diposkan oleh
Seberapa amankah pelayanan kesehatan yang Anda berikan? Tidakkah menyesalkan ketika fakta terakhir menunjukkan bahwa saat ini infeksi nosokomial di rumah sakit mencapai 9 % atau lebih dari 1,4 juta pasien rawat inap di seluruh dunia. Infeksi terkait sarana pelayanan kesehatan (Health-care Associated Infection) adalah tantangan yang serius. Ia menyebabkan kematian, baik langsung maupun tidak langsung. Jika tidak menyebabkan kematian, ia menjadikan pasien dirawat lebih lama dan memakan biaya lebih mahal.
 
Sebagai petugas kesehatan, risiko infeksi ini kita hadapi sehari-hari karena adanya kontak dengan pasien dan bahan-bahan infeksius. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan khusus tentang pencegahan transmisi infeksi menjadi sangat penting. Keterkaitannya dengan pekerjaan pun cukup tinggi karena mencakup setiap aspek penanganan pasien. Terlebih lagi, upaya pencegahan infeksi adalah tingkatan pertama dalam pemberian pelayanan yang bermutu.
 
Apakah Anda seorang pimpinan yang menyediakan sarana dan dukungan, ataupun petugas kesehatan sebagai pelaksana, semuanya terlibat dalam upaya pencegahan infeksi ini.  Strategi yang sukses antara lain peningkatan kemampuan petugas dalam Kewaspadaan Universal (Universal Precaution).  Kewaspadaan Universal ini merupakan cara baru untuk meminimalkan pajanan darah dan cairan tubuh dari semua pasien. Dengan cara ini, transmisi mikroorganisme dapat dicegah seminimal mungkin.
 
Oleh karena itu, kami ingin membantu Anda—para petugas kesehatan, dengan menyelenggarakan seminar mengenai prosedur pencegahan dan pengendalian infeksi terkait pelayanan kesehatan demi mewujudkan usaha pelayanan kesehatan yang lebih aman, baik bagi pasien maupun petugas.

 

Seminar ini secara khusus diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (dokter, dokter gigi, bidan dan perawat) dari klinik perawatan atau klinik bersalin dan Puskesmas (terutama Puskesmas Rawat Inap).
 
Tujuan di adakannya seminar ini adalah untuk membekali para petugas kesehatan, terutama dokter, dokter gigi, bidan dan perawat, dengan pengetahuan yang memadai untuk mencegah dan mengendalikan infeksi sebagai upaya mewujudkan usaha pelayanan kesehatan yang lebih aman baik bagi pasien maupun petugas.

Dengan biaya sebesar Rp. 75.000,00, peserta akan mendapatkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut: eminar kit, rehat dan makan siang, serta sertifikat yang  terakreditasi IDI.
 
Pelaksanaannya pada hari Sabtu, tanggal: Sabtu, 8 Agustus 2009 pukul 08.00 s/d 16.30. Bertempat di Auditorium RS Jogja International Hospital, Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Yogyakarta.
Daftarkan diri Anda segera, karena tempat dibatasi hanya untuk 300 orang pendaftar pertama.

Hubungi contact person kami berikut ini:
dr. Ukhti Jamil R.
0817265147
 
Darmadi, S. Ag.
081227922668
(0274) 898444 pesawat 2096

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke:
Rekening Bank Muamalat no. 921 466 3699
a.n. Siti Nadhiroh

Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan melalui telepon, fax ke (0274) 898444 pesawat 2007 atau 2013, atau melallui email humas@fk.uii.ac.id