Perbandingan Kemampuan Antifungsi Minyak Atsiri Cengkeh dan Bunga Kenanga terhadap Candida Albican

  • Diposkan oleh
PERBANDINGAN KEMAMPUAN ANTIFUNGI MINYAK ATSIRI CENGKEH (Eugenia aromatica) DAN BUNGA KENANGA (Canangium odoratum Baill) TERHADAP Candida albicans SECARA in vitro 
 
Latar Belakang: Candida albicans merupaan flora normal pada beberapa selaput mukosa dalam tubuh yang bersifat oportunistik, sehingga dalam keadaan tertentu dapat menjadi patogen. Saat ini kecenderungan pemakaian obat tradisional untuk infeksi jamur semakin meningkat. Minyak atsiri memiliki manfaat selain sebagai pengharum dan pemberi cita rasa makanan, juga sebagai antibakteri dan antifungi. Salah satu tanaman yang mengandung minyak atsiri dan banyak dimanfaatkan di masyarakat adalah cengkeh dan bunga Kenanga. Dimana kadar minyak atsiri pada cengkeh lebih tinggi daripada kadar minyak atsiri bunga Kenanga.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daya antifungi minyak atsiri cengkeh dan bunga Kenanga terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans dan mengetahui manakah yang memiliki konsentrasi terkecil dalam menghambat ataupun membunuh jamur Candida albicans.

Metode Penelitian: Uji daya antifungi ini dilakukan secara in vitro menggunakan metode dilusi cair dengan menilai Kadar Hambat Minimal (KHM) dan Kadar Bunuh Minimal (KBM) minyak atsiri cengkeh dan bunga Kenanga terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans. Cara yang digunakan yaitu dengan membuat beberapa serial dilusi bahan uji dengan konsentrasi 40%, 20%, 10%, 5%, 2,5%, 1,25%, dan 0,625%.

Hasil: Dari lima kali pengujian didapatkan bahwa rata-rata KHM dan KBM minyak atsiri cengkeh terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans adalah 1,25% dan 1,75%, sedangkan minyak atsiri bunga Kenanga tidak memiliki KHM dan KBM terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans pada konsentrasi yang diujikan.

Kesimpulan: Minyak atsiri cengkeh memiliki daya antifungi terhadap Candida albicans sedangkan minyak atsiri bunga Kenanga tidak memiliki daya antifungi pada konsentrasi yang diujikan dalam penelitian ini. Daya antifungi minyak atsiri cengkeh lebih baik daripada minyak atsiri bunga Kenanga. 

Kata Kunci: Minyak atsiri cengkeh, minyak atsiri bunga Kenanga, Candida albicans, KHM, KBM.