Pengumuman Seleksi Tingkat Fakultas Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana UII

PENGERTIAN MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES)

Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler, sesuai dengan kriteria yang ditentukan, serta memiliki kepribadian yang baik.

 

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga negara Republik Indonesia.
  2. Terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa program sarjana pada tahun kuliah yang sedang berjalan,maksimal semester VIII dan pada saat pemilihan Mawapres tingkat nasional belum dinyatakan lulus, serta berusia tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 Januari 2017 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh mata kuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00.
  4. Surat pengantar/ rekomendasi dari Dekan yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama dan kedua hasil seleksi fakultas masing-masing (Setelah Seleksi Tingkat Fakultas).
  5. Belum pernah menjadi finalis pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional pada tahun sebelumnya.

 

TATA CARA SELEKSI TINGKAT FAKULTAS DAN BATAS WAKTU PENERIMAAN BERKAS

Calon mengajukan diri sebagai calon Mawapres tingkat fakultas, dengan melengkapi berkas-berkas  sebagai berikut:

  1. Membuat Karya Tulis Ilmiah orisinil, dengan tema dan “Peningkatan Produktivitas Iptek dan Inovasi untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter Unggul”, sebanyak 4 eksemplar (untuk topik dan sistematika penulisan WAJIB mengikuti Buku Pedoman Mawapres Sarjana Tahun 2017 dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISTEKDIKTI, yang dapat diunduh melalui laman (http://pilmapres.ristekdikti.go.id/)
  2. Membuat ringkasan/ summary (bukan abstrak) dari karya tulis ilmiah yang sudah disusun, terdiri dari 600-700 kata,ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya (Perancis/Spanyol/Arab/Cina).
  3. Mengumpulkan foto 3×4 cm, sebanyak 4 lembar
  4. Melampirkan copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), sebanyak 4 lembar
  5. Mengisi Daftar Riwayat Hidup, sebanyak 4 eksemplar
  6. Mengisi Daftar IPK, sebanyak 4 eksemplar
  7. Mengisi Daftar Prestasi yang diunggulkan, sebanyak 4 eksemplar
  8. Melampirkan bukti prestasi/ kemampuan yang diunggulkan selama menjadi mahasiswa, khususnya pada kegiatan ko dan ekstrakurikuler yang mendapatkan pengakuan dan atau penghargaan yang berdampak positif pada perguruan tinggi dan masyarakat (copy sertifikat, SK, piagam, makalah, publikasi), sebanyak 4 eksemplar.
  9. Mengunggah video berdurasi maksimal 6 menit, yang berisi uraian peserta dalam Bahasa Inggris (menghadap kamera), tentang topik terkait karya ilmiah (tidak menggunakan animasi atau sejenisnya). URL video disertakan dalam Daftar Riwayat Hidup.
  10. Melampirkan surat pengantar/ rekomendasi dari Dekan yang menyatakan peserta sebagai pemenang pertama dan kedua di tingkat fakultas masing-masing. (Dipenuhi setelah lolos seleksi tingkat Fakultas)
  11. Formulir MAWAPRES UII 2017 dapat diunduh melalui laman http://kemahasiswaan.uii.ac.id atau mengkopi di Unit Kemahasiswaan FK UII (Arif Kuncoro)
  12. Juara I Tingkat UII akan mengikuti Seleksi Mawapres Tingkat Kopertis Wilayah V DIY
  13. Juara I, II dan III tingkat Kopertis Wilayah V DIY berhak mengikuti Seleksi Mawapres tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISTEKDIKTI.

 

Keseluruhan berkas persyaratan dimasukkan dalam map, tulis identitas lengkap (Nama,  NIM, Nomor telepon), dan diserahkan kepada Tim Seleksi Mawapres UII tingkat Fakultas Kedokteran (Bp. Arif Kuncoro/Marlina), paling lambat tanggal 3 Maret 2017 pukul 10.00 WIB.

Informasi lebih lanjut tentang Seleksi Tingkat Fakultas Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UII dapat menghubungi Bp. Arif Kuncoro (Unit Kemahasiswaan FK UII)

 

 

Yogyakarta, 17 Februari 2017

Ketua Tim Seleksi Mawapres FK UII

M. Syukron Fauzi

 

Download :

PENGUMUMAN SELEKSI TINGKAT FAKULTAS MAHASISWA BERPRESTASI

Blog Attachment