Pengaruh Pengetahuan tentang SADARI terhadap Perilaku SADARI

  • Diposkan oleh
PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG SADARI TERHADAP PERILAKU SADARI (PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI) PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2004
 
Latar Belakang : Salah satu jenis kanker yang banyak menyerang wanita adalah kanker payudara, kanker payudara merupakan penyakit ganas pada wanita, pada tahun 2003 kanker merupakan problem kesehatan yang sangat serius karena jumlah penderita meningkat sekitar 20% per tahun. Kanker payudara merupakan penyebab kematian kelima dari seluruh kanker. Data menunjukkan bahwa 18,7% dari semua kanker yang menyerang wanita adalah kanker payudara, menempati urutan ke-2 setelah kanker leher rahim. Salah satu usaha untuk menurunkan angka kematian terhadap kanker payudara adalah dengan melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) kanker yang diketemukan pada stadium awal tentu memberikan harapan hidup lebih lama daripada apabila diketemukan pada stadium lanjut. Oleh karena itu partisipasi tenaga kesehatan terhadap pelaksanaan SADARI sangatlah penting.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan dan perilaku mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan  2004 terhadap  SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) .

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi dari penelitian adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan 2004 yang berstatus aktif, dan berjumlah 61 orang. Proses pengumpulan data menggunakan kuisoner dan kombinasi pedoman wawancara dan observasi. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk mencari pengaruh antar kedua variabel dilakukan uji regresi.

Hasil : Data diukur dengan uji regresi menunjukkan nilai sebesar 2,157 dengan probabilitas  0,035. Oleh karena p ≤ 0,05 maka dapat diambil kesimpulan terdapat  pengaruh pengetahuan tentang SADARI terhadap  Perilaku SADARI pada mahasiswi Fakultas Kedoktean UII angkatan 2004.

Kesimpulan : Terdapat Pengaruh Pengetahuan Terhadap SADARI dengan Perilaku SADARI pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan 2004. Mayoritas mahasiswi Fakultas Kedokteran UII angkatan 2004 memiliki pengetahuan yang baik terhadap SADARI namun mayoritas perilaku responden bersifat kurang tepat.

Kata kunci : Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), Pengetahuan, Perilaku

Pembimbing Utama
dr. H.P. Luthfi Ghazali M.Kes                                                                    

Pembimbing Pendamping
dr. Kuswati