Pengaruh Aktivitas Fisik Submaksimal selama 30 Menit terhadap Kadar Gula Darah sewaktu

  • Diposkan oleh


PENGARUH AKTIVITAS FISIK SUBMAKSIMAL SELAMA 30 MENIT TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA ORANG SEHAT
 
Latar Belakang: Latihan fisik seringkali dianjurkan oleh para dokter kepada pasiennya dengan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dari pasien tersebut. Melakukan aktivitas fisik dalam hal ini berolahraga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, khususnya bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga menjadi dasar pemikiran dari m asyarakat secara umum. Dosis olah raga setiap orang mempunyai tingkat keamanan tertentu yang bersifat teknis-fisiologis, salah satunya adalah tercapainya intensitas denyut jantung submaksimal yaitu antara 60-80% dari denyut jantung maksimal prediksi berdasar usia. Namun tingkat keamanan dari dosis olah raga setiap orang masih belum diketahui dengan jelas.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik submaksimal selama tiga puluh menit terhadap perubahan kadar glukosa darah sewaktu terhadap orang sehat,

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni.

Subjek Penelitian: Subjek penelitian berupa relawan berjumlah 50 orang dengan rentang usia 15-35 tahun yang sehat berdasar pada pemeriksaan fisik dan isian kuisioner kesiapan aktikfitas fisik berdasarkan kriteria Physical Avtivity Readiness Questionnaire (PAR-Q) dari Canadian Society for Exercise Physiology.

Hasil Penelitian : Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan penurunan kadar gula darah sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik submaksimal selama 30 menit dengan hasil rata-rata (mean) sebelum sebesar : 95,5800 mg/dl ± 12,73768, sedangkan hasil rata-rata (mean) sesudah sebesar : 86,5800 mg/dl i ± 11,90282. Kemudian setelah diuji dengan uji t berpasangan maka didapatkan adanya perbedaan bermakna antara rata-rata gula darah sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik submaksimal selama 30 menit pada orang sehat. (p= 0,000)

Kesimpulan: Terdapat penurun kadar glukosa darah sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik submaksimal selama 30 menit.

Kata Kunci : Aktivitas Fisik Submaksimal, Gula Darah.