Pelatihan Metodologi Penelitian Dosen FK UII

  • Diposkan oleh
 Dalam rangka meningkatkan pemahaman, penguasaan, dan penerapan metodologi penelitian, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Penelitian bagi para dosen pada tanggal 4 dan 5 April 2011 bertempat di Laboratorium Komputer FK UII.

Kegiatan ini diampu oleh para pakar di bidang penelitian kedokteran dengan berbagai topik yang berbeda, seperti dr. Bambang Udji Djoko Rianto, Sp.THT-KL yang menyampaikan tentang “Research Question”, Prof. Dr. dr. Barmawi Hisyam, Sp.PD (KP) yang membawakan tentang “Research in Clinical Setting”, dan dr. Andaru Dahesihdewi, Sp.PK (K) yang membahas tentang “Desain Penelitian” dan “Populasi, Sampel, dan Metode Pengumpulan Data”.

 
Dalam pelatihan ini, berbagi hal fundamental dalam penelitian dikupas habis guna meningkatkan pemahaman para peserta. Salah satunya adalah masalah pertanyaan penelitian atau research question yang merupakan dasar awal munculnya suatu penelitian. Menurut dr. Bambang Udji Djoko Rianto, Sp.THT-KL, sebuah penelitian yang baik akan lahir dari pertanyaan penelitian yang baik pula. “Untuk bisa disebut sebagai research question yang baik, maka harus memenuhi lima karakter, yaitu: fisibel, menarik peneliti, sesuatu yang baru, etis, dan relevan terhadap pengetahuan ilmiah, kebijakan klinik dan kesehatan, serta riset selanjutnya.” ujar dokter yang juga peneliti senior tersebut.

Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya akan semakin banyak penelitian yang dilakukan dan dihasilkan oleh para dosen di lingkup FK UII. Dengan demikian hal tersebut akan meningkatkan kualitas dan kredibilitas FK UII sebagai sebuah institusi pendidikan, sekaligus mendukung perkembangan ilmu pengetahuan.