Musyawarah Kerja Nasional XVII ISMKI 2011

  • Diposkan oleh
 Munas Mukernas merupakan agenda tahunan Pengurus Harian Nasional dan merupakan Musyawarah tertinggi Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia. Munas Mukernas XVII ISMKI 2011 yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 10-15 Desember 2011 dimana Universitas Muhamadiyah Jakarta sebagai tuan rumah. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia yang merupakan anggota ISMKI mengirimkan 3 delegasi yakni Izzah Baridah ( Pengurus Harian Nasional Pengabdian Masyarakat ), Ovilia Mutiara Santika ( Pengurus Harian Nasional PSDM ) dan Uray Riki ( Delegasi FK UII ).
 
ISMKI merupakan sebuah wadah bersama yang menampung segala kegiatan mahasiswa profesi kedokteran pada tahun ini memiliki visi “Mewujudkan ISMKI sebagai kesatuan mahasiswa kedokteran Indonesia dengan bertumpu pada kekuatan atau potensi anggota ISMKI” dan misi pemberdayaan setiap institusi sebagai poros kegiatan ISMKI, meningkatkan peran ISMKI terhadap perkembangan kedokteran atau kesehatan di Indonesia dengan menjalin kerjasama kepada pihak-pihak terkait, mengembangkan ISMKI dalam berkontribusi  pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, memperluas jaringan ISMKI baik dalam lokal ataupun international.
 Setiap tahunnya ISMKI mengadakan acara yang diikuti oleh seluruh anggota ISMKI yang berjumlah sekitar 72 fakultas kedokteran se-Indonesia yang merupakan wujud komitmen mahasiswa kedokteran Indonesia. Beberapa acara di dalam Munas-Mukernas antara lain penyampaian laporan pertanggung -jawaban Sekjen dan MPA ISMKI, pembahasan mengenai arah pergerakan mahasiswa kedokteran Indonesia, menetapkan struktur kepengurusan ISMKI periode 2011-2012, menyusun program dan aktivitas bersama, menciptakan pemikiran kritis dan solutif untuk mengatasi permasalahan kesehatan bangsa sesuai Deklarasi Mahasiswa Kedokteran (Deklarasi Hasanuddin) pada tanggal 23 Mei 2008 di Makassar. Selain itu masih banyak acara lain yang bermuara pada peningkatan kualitas serta eksistensi mahasiswa Kedokteran Indonesia yang ditutup dengan city tour yang selalu dilaksanakan pada setiap kegiatan ISMKI guna memperat tali silaturahmi antardelegasi sekaligus memperkenalkan budaya dan keindahan kota setiap tuan rumah.
Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemiliham Sekertaris Jendral terpilih dengan hasil suara terbanyak diraih oleh Giovanni van Empel sekaligus melantik Sekertaris Jendral yakni Fakih Nur Salim beserta staff Pengurus Harian Nasional ISMKI periode 2011-2012. Banyak hasil yang didapatkan dari Munas Mukernas ISMKI yang sepakat dijalankan oleh seluruh institusi dengan visi misi yang satu termasuk untuk Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Banyak rekomendasi yang akan dibawa bagi Lembaga Eksekutif Mahasiswa demi perbaikan dan pergerakan yang lebih baik. Ada beberapa rekomendasi demi maju dan berkembangnya lembaga antara lain perlunya penambahan wawasan akan lingkup nasional dan pengembangan sumber daya mahasiswa agar mampu bersosialisasi dan bersaing di tatanan nasional maupun internasional sehingga dibutuhkan suatu system pengkaderisasian yang baik, pemerataan potensi pengembangan mahasiswa agar tidak hanya beberapa mahasiswa yang berkembang dan memperkenalkan FK UII juga pentinya pengembangan inovasi dari program kerja agar dapat menunjukkan eksistensi FK UII. (izza)