Membangun Ukhuwah yang Baik dengan Makrab

  • Diposkan oleh

Kaliurang (FK UII) – Agar oraganisasi dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan, maka kenyamanan, suasana yang menyenangkan, dan keakraban harus tercipta dalam organisasi tersebut. Demikian pula untuk mendukung terciptanya proses belajar yang baik bagi mahasiswa FK UII, diperlukan suasana akrab diantara para mahasiswa.  Hal ini sesuai yang disampaikan oleh M. Zaky Hardianto, ketua OC CRANIUM 2014 kepada perwakilan Dosen Kary  awan (Dokar) FK UII di sela-sela pelaksanaan acara makrab mahasiswa angkatan 2014 FK UII yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 16 November 2014 di Komplek Wisata Tawangmangu Jateng.

Menurut Zaky, acara makrab merupakan rangkaian dari acara Center of Solidarity and Tactica Leadership Education dor Medical Students (CRANIUM) th 2014 FK UII. “Makrab ini dilaksanakan setelah acara Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang semua merupakan rangkaian acara Cranium. Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa baru baik dengan teman seangkatan, kakak angkatan, dan juga Dosen Karyawan (Dokar).”demikian tegasnya.

Acara yang merupakan program dari Departemen Pengembangan SDM LEM FK UII ini diikuti dengan antusias oleh mahasiswa angkatan 2014. Acara dibagi menjadi tiga agenda pokok, yang pertama adalah  ekspedisi malam untuk melatih mental, kepercayaan, komunikasi, dan mengambil keputusan serta menjalin kerjasama. Kedua, Cranium Tour (outbond) di sekitar daerah Grojogan Sewu untuk melatih kebugaran fisik peserta, kekompakan, dan keakraban baik dengan peserta lain maupun dengan panitia. Dan yang ketiga, pentas seni dimana seluruh peserta dan panitia menampilkan bakat seninya masing-masing.

Walaupun acaranya padat dan melelahkan namun seluruh peserta mengaku senang mengikuti acara ini. “ Acaranya banyak, seru meskipun melelahkan. Mulai dari ekspedisi malam, outbond ke Grojogan Sewu, dan basah-basahan di lumpur ditambah tepung semuanya asyik, dan berkesan, so fun!”demikian ungkap dua peserta putri, Prita Malinda Y dan Wintang Dayinta T.H dengan penuh semangat.

Hal senada juga disampaikan oleh peserta lain yaitu Ahmad Mufattan yang tampil sebagai raja dalam sebuah drama pada acara pentas seni. “ Acaranya seru dan menarik sekali. Sesuai dengan namanya, makrab ini benar-benar mengakrabkan kami angkatan 2014 dan juga dengan panitia,” tegasnya. Sementara Agung Fadlilah mengungkapkan bahwa makrab merupakan acara yang bermanfaat. “ Selain acaranya asyik makrab sebagai obat pusing setelah sebelumnya belajar kedokteran. Makrab memberikan sesuatu yang menyenangkan, ya seperti oase,” begitu terangnya sambil tertawa lebar.

Di hari ke-3 setelah didahului dengan acara senam pagi dan game-game yang meghibur. acara dilanjutkan dengan bersih-bersih dan packing. Sebelum penutupan ada presentasi dari peserta, pembagian hadiah, dan pengumuman peserta LKMM dan makrab terbaik. Terpilih menjadi peserta LKMM terbaik adalah Zulfikar Loka Wicaksana dan Zara Desriana, sedangkan peserta terbaik makrab jatuh pada Ahmad Mufattan dan Afifa Nur Fauziah.  Setelah sholat Dzuhur berjamaah, para peserta pulang menggunakan bus menuju Yogyakarta.

Semoga makna hakiki acara makrab ini seperti yang dipesankan Wakil Dekan dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc saat acara pelepasan peserta makrab yaitu terjalinnya ukhuwah yang baik benar-benar tertanam dalam hati para peserta dan akan membawa suasana positif bagi mahasiswa FK UII khususnya angkatan 2014 sehingga membantu mereka dalam menjalani proses belajar di FK UII. (AK)