Medical Science Weeks di FK UII

  • Diposkan oleh
 Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia melaksanakan tiga macam lomba dalam rangka Medical Science Week  pada Sabtu (12/3/11). Tiga jenis perlombaan yang dilaksanakan meliputi Debat Bahasa Inggris, Olimpiade Biologi dan Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ). Lomba diikuti oleh perwakilan 20 SMU negeri maupun swasta di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Utusan dari luar DIY antara lain hadir dari Klaten dan Sragen. Utusan dari masing-masing sekolah tampak hadir disertai oleh guru pembimbing masing-masing.
MSW dibuka oleh Wakil Dekan FK UII, dr. Titik Kuntari, MPH. Dalam sambutannya, dr Titik menyampaikan harapan agar forum lomba ini bisa meningkatkan jiwa kompetisi bagi peserta lomba. Selain itu, adanya lomba Olimpiade Biologi, Debat Bahasa Inggris dan MSQ diharapkan juga meningkatkan ketertarikan, keingintahuan dan kecintaan akan ilmu biologi karena biologi merupakan ilmu dasar yang sangat penting yang mempelajari makhluk hidup apalagi bagi siswa-siswi yang bercita-cita menjadi dokter. Juga semangat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing karena kita telah memasuki era keterbukaan, era komunikasi global  sehingga kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu modal penting, serta yang utama semangat untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran dalam Al Qur’an sebagai pedoman utama bagi umat Islam. Jadi antara ilmu ilmiah dan ajaran agama hendaknya tidak dipisah-pisahkan.
Ketua LEM FK UII Andri Marchoni dan ketua DPM FK UII Erwin Aritama menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan untuk yang  ketiga kalinya. Ke depan, diharapkan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan LEM FK UII. Selain itu, MSW juga salah satunya bertujuan untuk lebih memperkenalkan FK UII kepada masyarakat, khususnya peserta lomba.
Menurut ketua panitia Russy, MSW tahun ini dilaksanakan di ruang sidang, ruang diskusi tutorial dan  laboratorium komputer FK UII serta beberapa ruang di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan  (FTSP) UII. Yuri terdiri atas dosen FK UII. Selain mengikuti lomba, peserta lomba dan guru pembimbing mengikuti Tour de FK dipandu oleh pengurus LEM dan DPM FK UII untuk melihat berbagai ruangan dan fasilitas pendidikan yang menunjang kegiatan belajar mengajar di FK UII.