Matrikulasi Kepaniteraan Umum Mahasiswa Kedokteran

  • Diposkan oleh

Dalam rangka untuk mempersiapkan bekal baik secara mental maupun skill bagi lulusan pendidikan dokter, Fakultas Kedokteran UII mengadakan Matrikulasi Kepaniteraan Umum bagi para mahasiswa yang telah selesai menjalani pendidikan S1 dan akan menempuh pendidikan lanjutan yakni Pendidikan Klinik di Rumah Sakit Pendidikan FK UII.

Acara yang berlangsung di Ruang 2.18 dan telah dimulai semenjak Rabu 11 Maret 2009 hingga Selasa 17 Maret 2009 diikuti oleh para Sarjana Kedokteran sebanyak 81 orang yang terdiri dari Angkatan 2003-2005. Sebagai Pemateri acara tersebut tidak hanya berasal dari dosen FK UII saja tetapi juga melibatkan dosen-dosen pakar, sehingga nantinya bahan-bahan yang dimatrikulasikan dapat diserap dengan baik oleh para sarjana kedokteran tersebut.

Lisa, salah seorang mahasiswa angkatan 2005 menuturkan bahwa "Panum membutuhkan persiapan yang cukup karena nanti yang diujikan adalah apa yang dipelajari sejak awal kuliah hingga akhir perkuliahan. Apalagi cheklist dari setiap tindakan harus benar, berurutan dan tidak boleh salah. Apalagi ini menyangkut skill, jadi harus benar-benar sempurna dalam melaksanakannya."  Meskipun demikian Lisa masih menyatakan keraguannya akan kesiapan dirinya.

Hal yang hampir sama diungkapkan pula oleh Rianti Maharani, yang mengatakan panum kali ini lebih sulit dibandingkan dengan tahun lalu. Hal yang diujikan baru akan diketahui menjelang ujian. Jadi Panum kali ini dituntut para sarjana kedokteran benar-benar menguasai setiap stase. 

Menurut Atik Suharni petugas yang menangani matrikulasi ini mengatakan "Panum kali ini memang berbeda dibanding tahun yang lalu. Sekarang model ujiannya adalah pendekatan kasus. Mendekati Sistem OSCE. Contoh : Mahasiswa melakukan anamnesis pada pasien yang berhubungan dengan kasus cardiovasculari, maka mahasiswa yang bersangkutan harus melakukan tindakan pemeriksaan thorax, setelah itu kemudian melakukan pembacaan rongsen foto thorax dan melakukan pembacaan ekg."

Harapan dari itu semua tentunya agar kualitas pendidikan kedokteran yang berbasiskan Problem Based Learning benar-benar teraplikasikan serta sesuai dengan Evidence Based Medicine.

Silahkan unduh Jadwal Matrikulasi Panum Kedokteran UII Periode Maret 2009