Mahasiswa Kedokteran Balik Kampus Selesai Ikuti Exchange di CUMCMS, Malaysia

Mahasiswa Kedokteran Balik Kampus Selesai Ikuti Exchange di  CUMCMS, Malaysia

Kaliurang (UII News) – Enam orang mahasiswa FK UII balik kampus setelah mengikuti kuliah blok elektif di CUCMS, Malaysia. Kegaiatan exchange ini adalah kali pertama yang ditawarkan FK UII kepada mahasiswa.

Hal tersebut disampaikan oleh Vitia Ajeng Nur Linda saat pulang dari Cyber jaya University College of Medical Science (CUCMS) Malaysia pada hari Senin, 02 Dzulhijah 1437 H / 04 September 2016 bersama kelima temannya yaitu Sholihatun Marda’in (13711070), Andra Gita Aruumsari (13711114), Dellarious Benefit Yubaidi (13711124), Hifzhan Maulana Ghiffari (13711092), Fauzan Nuha Muhammad (13711126)

Lebih lanjut di sampaikan oleh Vitia, bahwa pada tanggal 8 Agustus 2016, mahasiswa FK UII dengan dr.Diani Puspa Wijaya dan dr.Muhammad Kharisma mengikuti acara penyambutan dan pengenalan dari CUCMS yang diwakili oleh Prof. Dato’. Dr. Abd Rahim bin Mohamad sebagai dekan MBBS (Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery), Assoc Prof. Husni Jamil dan Mdm. Nur Ain Mahat selaku ketua course REBM.  

Selanjutnya kuliah pengantar dimulai pada tanggal 9 Agustus 2016, dengan materi yang  dipelajari mahasiswa adalah tentang Research and Evidence Based Medicine selama empat minggu, pada minggu ke tiga mahasiswa mendapat materi Good Clinical Practice (GCP) yang disampaikan oleh Pemerintah Kesehatan Malaysia.

Kuliah pakar diberikan oleh dosen CUCMS dan guest lecture dari Malaysia. Bahasa pengantar belajar mengajar di CUSMC menggunakan Bahasa Inggris, “hal tersebut diakui para mahasiswa menjadi tantangan sendiri dalam menerima dan memahami materi, karena selama ini bahasa pengantar mahasiswa FK UII saat berkuliah adalah dengan Bahasa Indonesia”, kata Vitia

Lebih lanjut dikatakan bahwa selain kuliah pakar, mahaiswa Kedokteran juga diwajibkan mengerjakan beberapa tugas individu dan kelompok yang berupa critical apprisial dan penyusunan proposal penelitian kemudian dipresentasikan diakhir minggu. Tiap mahasiswa dari FK UII tersebar pada beberapa kelompok, sehingga dapat saling bertukar informasi mengenai UII dan CUCMS.      

Sebagimana proses perkuliahan maka seluruhnya mahasiswa Kedokteran UII diwajibkan mengikuti ujian yang dilaksankan diakhir minggu, “bertepatan pada tanggal 2 September 2016 yang berlangsung selasa dua jam dari pukul 09.00-11.00, ujian terdiri dari dua tipe pilihan ganda dan esay singkat”, ungkap Vitia.

 Selanjutnya selepas ujian, enam mahasiswa FK UII diminta untuk bertemu dengan Prof. Dato’. Dr. Abd Rahim bin Mohamad dan Mdm. Nur Ain Mahat untuk berdiskusi dan mengevaluasi mengenai pembelajaran di CUCMS. Pada sore harinya mahasiswa juga diminta untuk bertemu dengan Prof. Dr. Muhamed Hatta Shaharom selaku senior profesor dan Prof. Dato’. Dr. Abd Rahim bin Mohamad untuk berpamitan.  Wibowo

Blog Attachment