Mahasiswa FK UII Harumkan Almamaternya di Polandia

Nurul Hidayah, Razty Surisfika dan M. Abdul Rauf Lamada. Sumber foto: Cokorda Gede Agung Prameswara

Oleh: Ahmad Ma’ruf M A

POLANDIA (FK-News) – Karya mahasiswa FK UII kembali raih penghargaan bergengsi di Polandia. Acara yang diselenggarakan beberapa minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 21-23 Juni 2017 yang bernama International Innovation and Invention Show INTARG 2017 ini diadakan di Międzynarodowe Centrum, International Conference Center Katowice. Karya yang diusung oleh Nurul Hidayah, Razty Surisfika dan M. Abdul Rauf Lamada dengan judul “BG-Trole (Blood Glucose Control Equipment) = A Novel Equipment to Reduce Glucose On the White Rice for Diabetes Mellitus Patient” mampu bersaing dengan negara-negara maju seperti Perancis, Belanda, Jerman dan Amerika Serikat serta beberapa negara lainnya. Sehingga karyanya mampu menyabet gelar Gold Medal dalam perlombaan ini.

Acara yang telah diselenggakarakan sebanyak 10 kali ini mempunyai tujuan untuk mempertemukan inventor seluruh dunia dan memperkenalkan penemuan teknologi baru. Selain kegiatan lomba ada juga konferensi mengenai penelitian terbaru teknologi nano. Acara ini tidak hanya mewadahi cabang ilmu kesehatan, namun ada juga cabang ilmu lain seperti pendidikan, dan teknologi. Alasan Ida dan kawan-kawan dalam mengikuti lomba ini salah satunya karena mendapat tawaran langsung dari pihak penyelenggara sehingga memperoleh biaya registrasi lebih murah.

Sebagai penutupnya Ida memberikan kunci keberhasilannya meraih penghargaan tersebut, diantaranya yakni suatu karya harus dikerjakan dengan penuh ketekunan dan kesabaran serta memperbanyak ilmu mengenai hal yang diteliti dan tak lupa berlatih presentasi agar keseluruhan komponen penilaian dapat diperoleh dengan maksimal.

 

(AM/Tri)