Kupas Tuntas Penelitian Kualitatif

kualitatif research

Yogyakarta, FK UII – Kali ini Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Fakultas Kedokteran UII, mengadakan workshop “Penelitian Kualitatif untuk Bidang Sosial Kesehatan”. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 12 Dzulka’idah 1438 H / 05 Agustus 2017 pukul 07.30-17.00 WIB di Auditorium Fakultas Kedokteran UII.

Dalam acara ini juga disampaikan berbagai paradigma dalam penelitian kualitatif seperti postpositivisme, konstruktivisme, dan teori kritis (critical theory). Bukan hanya itu saja, macam-macam desain penelitian kualitatif pun juga dikupas tuntas dari fenomenologi, etnografi sampai grounded theory bersama CICP Fakultas Psikologi UGM.

Selain itu, acara ini juga menyajikan tahapan apa saja yang harus dilakukan para ilmuan sebelum melakukan penelitian. Setelah mengetahui landasan teori, ilmuan juga harus memiliki motivasi yang tinggi dalam dirinya, supaya tidak mudah goyah diterpa angin dalam melakukan penelitian. Selain itu, ilmuan juga harus memiliki sikap layaknya seorang peneliti seperti terbuka, memahami banyak teori dan teliti dalam menganalisis. Semua itu merupakan bekal untuk menjadi peneliti yang berkembang dan berguna di masyarakat.

Guna menciptakan generasi baru yang lebih kritis, pada acara ini juga diadakan study kasus yang disampaikan oleh Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, M.A., sebagai moderator. Study kasus ini dibagi menjadi 3, yaitu intrinsic case study, instrumental case study, dan multiple or collective case study.