Kosmestika Sehat dan Konsep Kecantikan Seorang Wanita

  • Diposkan oleh
KOSMETIK SEHAT DAN KONSEP KECANTIKAN
SEORANG WANITA
Oleh    : dr.Titik Kuntari, MPH 

KECANTIKAN merupakan sesuatu yang sangat berharga dan mahal bagi seorang wanita. Demi mendapatkan kecantikan yang diidam-idamkan, seorang wanita sanggup melakukan apa saja. Mulai dari usaha yang normal dan lazim hingga ke upaya-upaya yang berbau klenik/ mistik. Dan itulah menariknya membincangkan masalah konsep kecantikan dan metode (cara) untuk menjadi cantik ketika kita melihat para remaja puteri yang rela menjalani diet ketat dan penuh disiplin untuk mendapatkan bentuk tubuh yang seksi dan ramping. Tidak sarapan, makan siang ala kadarnya saja sekedar untuk mengganjal perut. Begitupun malam hari (tidak makan malam). Hasilnya…? Jangankan mendapatkan bentuk tubuh proporsional seperti  yang diimpi-impikan, malah bisa kena thypus atau maag kronis. Ada juga yang mencoba cara lain, dengan mengikuti program latihan fisik untuk membakar lemak di tubuh, namun dilakukan tidak dengan tepat sambil terus memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh dan istirahat, yang hasilnya justru kelelahan yang amat sangat. Bahkan ada yang lebih ekstreem , mengikuti program sedot lemak untuk mengurangi berat badan. Begitupula kita lihat remaja-remaja puteri dan juga tidak sedikit wanita-wanita dewasa, yang harus rela memakai kawat gigi selama bertahun-tahun demi mendapatkan bentuk gigi yang bagus sebagai salah satu faktor yang akan menambah pesona kecantikannya. Ini untuk mendapatkan bentuk tubuh dan konfigurasi gigi yang ideal. Dan masih begitu banyak hal dari diri seorang wanita, yang coba untuk terus dieksplorasi seperti upaya untuk mendapatkan bentuk pinggul yang ideal, bentuk payudara yang indah, warna dan kesuburan rambut (creambath) hingga mendapatkan warna kulit yang putih bersih … minimal kuning langsat. Dan untuk merealisasikan ini semua, dibutuhkan biaya dan pengorbanan waktu yang tidak sedikit.
   

Selanjutnya, untuk mendapatkan wajah yang mulus dengan warna kulit layaknya para artis sinetron para wanita sanggup duduk di salon-salon kecantikan untuk menjalani perawatan wajah dan rambut (hairstylish) selama berjam-jam, tentu dengan biaya yang tidak murah. Dan penting bagi para wanita tadi untuk memperhatikan dengan seksama kualifikasi salon kecantikan yang didatanginya, termasuk lisensi produk-produk perawatan kecantikan yang digunakan. Dan jangan lupa untuk memperhatikan nomer registrasi produk perawatan kecantikan tadi. Bagi seorang muslim, juga jangan lupa untuk memperhatikan logo halal pada produk , khususnya produk-produk yang diminum seperti kapsul atau pil untuk menghaluskan kulit wajah, pengering jerawat (obat jerawat), termasuk juga produk-produk jamu yang diyakini dapat menyembuhkan bekas jerawat dan flek pada wajah.
      Jika pemerintah sudah mengeluarkan daftar resmi produk-produk kecantikan yang tidak boleh digunakan, maka yang paling aman untuk kesehatan kita tentu segera menghentikan pemakaian produk tadi meskipun stok produk tadi masih banyak karena kebiasaan untuk membeli produk tadi dengan jumlah besar agar mendapatkan harga yang lebih murah. Atau mungkin karena faktor alas an sejauh ini, semuanya baik-baik saja dan efek samping pemakaian produk kosmetik tadi belum terasa. Harus dicatat bahwa unsur-unsur kimiawi yang terdapat pada sebuah produk kosmetik itu efek sampingnya tidak serta merta muncul saat produk itu digunakan (dalam jangka waktu dekat). Melalui pemakaian dalam jangka waktu yang panjang, unsure-unsur tadi dapat tertimbun di dalam tubuh dan baru akan kelihatan efek sampingnya beberapa puluh tahun yang akan datang. Selain sifat zat kimia yang tidak dapat diurai oleh tubuh (irreversible). Karena itu, tidak ada himbauan yang lebih efektif selain meningkatkan kewaspadaan dalam menggunakan produk-produk perawatan kecantikan, termasuk juga alat-alat kosmetik yang kita gunakan setiap hari seperti alas bedak, cream anti sinar ultra violet, bedak, lipstick dan make-up. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebersih-bersihnya, setiap selesai menggunakan alat-alat kosmetik tadi.

KONSEP KECANTIKAN
    Jika kita buat skema tentang kecantikan, ada begitu banyak faktor yang mendukung kecantikan pada diri seorang wanita sehingga si wanita bisa disebut cantik. Kecantikan itu bisa saja muncul karena bentuk tubuh yang menarik, tinggi langsing atau tinggi tapi padat (sintal) meski raut wajahnya biasa-biasa saja dan orang sering menyebut wanita pada kelompok ini sebagai wanita yang seksi. Namun ada juga, wanita-wanita yang memiliki keunggulan dari struktur wajah, memiliki dagu yang indah, berlesung pipit, mata yang indah, hidung yang mancung dll meskipun tinggi badannya tidak cukup ideal. Ini konsep kecantikan yang dilihat dari faktor fisik.

 
    Namun jangan lupa bahwa seorang wanita juga bisa dikatan cantik dan seksi karena kecerdasannya. Ingat pepatah orang-orang bule: Smart is Sexy (pintar itu seksi). Sehingga seorang wanita yang cerdas dan berhasil secara akdemis tetap memiliki nilai plus di hadapan laki-laki. Begitupun dengan wanita yang baik, ramah dan memiliki konsep relasi sosial yang menyenangkan (memiliki kecerdasan emosi atau EQ yang tinggi), juga akan tampil sebagai wanita yang menarik. Karena itu, dengan berbagai variant konsep kecantikan ini … para remaja puteri khususnya dapat memilih untuk menjadi wanita seperti apa. Idealnya tentu memiliki semuanya, cantik fisik, cerdas dan baik hati. Namun jika fisikly kita tidak cukup menarik, kekurangan tadi dapat kita tutupi dengan keunggulan dari faktor lainnya. Wallahu a’lamu bishawwab