Kinanti, Mahasiswa FK UII Rancang Software Anti Trafficking

  • Diposkan oleh
 Kinanti Sekarsari atau biasa yang dipanggil Kiki, Mahasiswa FK UII Angkatan 2005 ini berhasil lolos dalam seleksi tingkat nasional dan ASIA Lomba Teknologi Informasi Tingkat Dunia yang berlangsung di Kairo Mesir pada 2-11 Juli 2009 bersaing dengan 12 negara.

Kompetisi teknologi mahasiswa tingkat dunia yang diselenggarakan Microsoft & Ms. Suzzne Mobarok Foundation pada tahun ini bertajuk Imagine Cup, yang mana peserta harus mampu memberikan solusi terhadap penanganan masalah yang menjadi tujuan dalam pencapaian Millenium Development Goal (MDG) dengan inovasi Teknologi.

Kinanti, bersama dengan tiga (3) orang teman sejawatnya dari Fakultas Teknik Elektro UGM (Ninan, Fero dan Yoko), berkolaborasi membuat software khusus untuk mencegah terjadinya Women Trafficking, dimana teknologi yang digunakan adalah berbasis SMS, sehingga diharapkan para tenaga kerja yang ada diluar negeri tetap dapat menggunakan teknologi ini secara mudah sehinga terhindar dari perdagangan perempuan.

Proyek yang dilakukan oleh Kiki dan teman-temannya ini bukan kali ini saja. Proyek Pertama yang pernah dikerjakannya adalah pembuatan Software Ante Natal Care (ANC) dan pembuatan Smart Toilet yang bertujuan untuk deteksi dini kemungkinan abnormalitas kematian maternal pada ibu hamil.