Kedokteran UII Ikuti Lomba Anatomi GIMSCO 2016 di FK UGM

kedokteran-ikuti-lomba-anatomi

kedokteran-ikuti-lomba-anatomi

Foto Wibowo/Istimewa : Delegasi Kedokteran UII saat mewakili UII di ajang GIMSCO 2016 di FK UGM

Kaliurang (UII News) – Delapan delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran UII mengikuti rangkaian kegiatan Gadjah Mada Indonesian Medical Science Olimpiad (GIMSCO), dengan kegiatan lomba khusus membahas mengenai cabang ilmu kedokteran yaitu Anatomi baik anatomi dasar maupun anatomi klinis, dan diikuti oleh 95 tim dari 33 Universitas berbeda.

Hal terserbut disapaikan oleh Amnaz Alhamanisa (2014) Kedokteran UII, setelah mengikuti acara tersebut pada Kamis – Senin, 26-30 Muharram 1437 H / 27 – 31 Oktober 2016 di Fakutas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Menurut Amnas, Delegasi Kedokteran UII yang dikirimkan berasal dari angkatan 2014 dan 2015 yang kemudian terbagi menjadi 4 tim yang berbeda dan diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), sehingga seluruh rangakaian kegiatan acaranya dilangsungkan disekitar gedung kedokteran FK UGM.

“Kegiatan ini terdiri dari beberapa babak, pertama ialah babak penyisihan tahap I (BPT I), pada babak ini, seluruh delegasi dibagi menjadi 3 kloter untuk mengikuti tentamen anatomi. Setelah mengikuti BPT I kemudian akan disaring 60 tim terbaik untuk mengikuti BPT II, dari 4 tim yang dikirimkan oleh FK UII, hanya 1 tim yang berhasil lolos untuk mengikuti BPT II, tim yang lolos ini beranggotakan Amnaz Alhamanisa (2014) dan Hilya Nabila (2015)”, kata Amnas

 

Lebih lanjut Amnas menceritakan bahwa  seleksi BPT II, soal berupa slide sebanyak 100 buah dan menerapkan sistem +4 untuk setiap jawaban benar dan -1 untuk jawaban yang salah.

Kesulitan pada GIMSCO tahun ini ialah seluruh pertanyaan dijabarkan menggunakan bahasa inggris dengan waktu setiap soalnya 30 detik. Sehingga para delegasi harus lebih pintar dalam membagi dan mengalokasikan waktu yang dimilikinya untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan.

“Untuk bisa lolos mencapai tahap selanjutnya, model pembelajaran anatomi dari FK UII sendiri perlu diperbaiki untuk mengingkatkan kualitas anatomi bagi generasi selanjutnya. Pembahasan dan pemahaman materi-materi yang telah dipelajari kurang dalam dan kurang mendetail sehingga masih belum terlalu menguasai pertanyaan terutaman mengenai anatomi klinis. Evaluasi dan perbaikan pada tahun ini diharapkan dapat membuat kemajuan bagi generasi selanjutnya yang akan mengikuti GIMSCO 2017, sehingga tim utusan dari FK UII bisa masuk menjadi 25 tim terbaik dan 5 tim terbaik yang akhirnya akan membawa nama FK UII menjadi lebih baik lagi aamin.” Harap Amnaz Alhamanisa- delegasi GIMSCO 2016 FK UII. Wibowo/Tri