Kedokteran UII Hadiri Acara Ilimiah Kedokteran Islam Se Dunia di Turki

C:\Users\User\Downloads\IMG-20170718-WA0055 (2).jpg

Caption : Para delegasi Kedokteran Islam se Dunia, dan salah satunya adalah dari UII Yogyakarta berfoto besama dengan Presiden Turki Erdogan dalam acara FIMA council meeting dan annual scientific meeting ke-35 di Istanbul Turki pada tanggal 17-21 Juli 2017 (Photo : Istimewa).

Kaliurang – Guna merespon isu global, serta aktif berkontribusi dalam penerapan kurikulum kedokteran islam di tiap negara dan rumah sakit berbasis syariah di dunia, sebagai wujudnya maka Kedokteran UII bergabung dalam FIMA.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan FK UII, dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc sepulang menghadiri acara FIMA council meeting dan annual scientific meeting ke-34 di Istanbul Turki pada tanggal 17-21 Juli 2017, mendampingi Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK.

Menurut dokter Udin, sangat beruntung sekali bagi FK UII menjadi salah satu institusi yang tergabung dalam Federation of Islamic Medical Association (FIMA) atau Federasi Kedokteran Islam sedunia yang beranggotakan 41 negara.

“Selain itu, FK UII juga aktif dalam menghadiri acara ilmiah tahunan dan sidang organisasi FIMA di berbagai negara tiap tahun untuk merespon isu global kedokteran isla, sebagai bukti keaktifan tersebut maka beberapa waktu yang lalu, menghadiri acara FIMA council meeting dan annual scientific meeting ke-34 di Istanbul Turki”, kata dokter Udin,

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2017-08-26 at 21.28.27.jpeg

Lebih lanjut dokter menyampaikan bahwa acara tersebut bersamaan dengan kongres Kesehatan Afrika di lokasi yang sama dan paaralel dengan FIMA annual scientific meeting. Delegasi FK UII terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan sempat menjadi pembicara dalam acara tersebut dengan paper yang berjudul perpektif bioetik islam terhadap masalah kesehatan di Afrika.

“Para pakar kedokteran islam tersebut bertemu dalam rangka untuk membahas mengenai progress penerapan kurikulum kedokteran islam di tiap negara dan rumah sakit berbasis syariah.Tidak ketinggalan pula 2 orang mahasiwa FK UII juga ikut dalam acara FIMA student camp di Istambul Turki sebagai rangkaian congress FIMA ke-34”, demikian penjelasan dokter Udin.

Di akhir acara tersebut semua delagasi FIMA diundang makan malam di Istana Dolmabache oleh Presiden Turki Erdogan termasuk delegasi FK UII. Dalam sambutannya Presiden Erdogan menekan penting umat islam bersatu untuk membantu Afrika dari ketertinggalan dan keterpurukan dalam bidang kesehatan dan ekonomi. Turki telah menyedeiakn jutaan dollar untuk membangun Afrika dengan menyediakan ratusan beasiswa, bantuan kemanusiaan dan pembanguan proyek infrastruktur di bidang kesehatan seperti rumah sakit dan sekolah sekolah. Wibowo/Tri

Blog Attachment