Kedokteran Siaga Pos Kesehatan Kebajiaran di Kebon Agung, Imogiri, Bantul

 

Caption : Nampak doktr Fila Afrianai dan anggota TBMM di Posko Kesehatan TBMM Humerus FK UII di Kebon Agung, Bantul saat melakukan pemeriksaan kesehatan. (Photo Wibowo/istimewa)

Bantul (UII News) – Kedokteran Universitas Islam Indonesia mendelegasikan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Humerus FK UII untuk siap siaga dalam kegiatan pengabdian kemasyarakatan dalam penanganan bencana banjir di wilayah Bantul.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota tim TBMM Humerus FK UII, Yusa angkatan 2014 FK UII, saat di Kampus FK UII, pada hari Jumat , 12 Robiul Awal `439 H / 01 Desember 2017 di ruang TBMM Humerus FK UII.

Menurut Yusa, di posko Bantul, tepatnya di Kebon Agung merupakan titik pengungsian di dalam kawasan ini, yang sangat membutuhkan tim medis guna melakukan pemeriksan kesehatan bagi para pengungsi.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Yusa, bahwa di posko kesehatan terdapat personil lain, diantaranya dari PMI, Koramil, dan Polsek setempat. Adapun tugas jaga sudah terjadwal dengan sistem piket/jaga yang tersusun secara regulasi dari Puskesmas.

“dalam menjalankan fungsi dan perannya di Poso Kesehatan, TBMM Humerus FK UII sifatnya adalah memback-up, untuk jaga dan piket, dari puskesmas”, kata Yusa.

Lebih lanjut Yusa mengatakan bahwa tim bantuan FK UII menjelaskan tentang perkembangan/prognosis menjaga posko serta kebutuhan tim kesehatan, sangatlah tergantung pada cuaca, jika cuaca memburuk, berarti akan tambah lama stay disini.

“Sejauh ini regulasi kesehatan dibentuk dari Puskesmas, PMI, Poltekkes dan Dokpol. sampai saat ini koordinator tim kesehatan utama, ada di PMI. dari ke empat tim kesehatan tersrbut, kami bekerja sama dengan regulasi nya seperti jaga baksos. jadi kalau ada yg butuh pemeriksaan, tim bantuan humerus fk uii siap jaga. pmi, siap on call dokter”, demikian penjelasan Yusa saat di tempat Posko Kesehatan Kebon Agung Bantul. Wibowo