Kaprodi dan Kadep IKJ FK UII Menjadi Pembicara Simposium JAMU di RSPAU dr. S. Hardjolukito

  • Diposkan oleh

Kedokteran (UII News) – JAMU adalah Jogja Aviation Medicine Update yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU)  dr. S. Hardjolukito Yogyakarta, pada Jum’at, 10 Oktober 2014, di RSPAU dr. S. Hardjolukito Yogyakarta.

Dalam symposium yang bertemakan tentang Kedokteran Penerbangan berkaitan dengan kesehatan penerbangan haji, maka selaku ketua panitia, Letkol Kes. dr. Wahyu Wihartono, Sp.S, M.Kes mengundang Kaprodi FK UII dr. Hj. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD sebagai narasumber dengan judul Identifikasi Faktor Resiko Jemaah Haji.

Menurut dokter Erlina dalam indetifikasi kesehatan para jamaah haji ada dua faktor yang perlu diperhatikan yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

“indentifikasi internal bagi  jama’ah haji meliputi kondisi kesehatan jama’ah diantaranya faktor usia lanjut (usila) dan identifikasi terhadap penyakit kronik, yang memicu resiko tingkat kematian yang tinggi, sedangkan faktor eksternal yang perlu di indentifikasi adalah faktor cuaca, wilayah. Dengan identifikasi tersebut maka akan mencegah angka kematian menjadi menurun”, jelasnya.

Sementara itu untuk manajemen resiko behavioral and psychological Symptoms of Dementia pada jama’ah haji maka panitia mengundang narasumber Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran UII, Prof.Dr.dr.H.Soewadi,M.PH., Sp.KJ(K) .

“Dimensia adalah salah satu faktor yang harus diidentifikasi bagi para jama’ah yang akan menunaikan haji, jika kesehatan jiwa teridentifikasi sejak dini maka akan menurunkan angka kematian jama’ah haji”, ungkapnya. Wibowo