Janganlah Takut untuk Mencoba dan Jangan Minder

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News – 07/05) – Walaupun awalnya kita bukanlah siapa-siapa dan tak pernah berkarya tapi pasti ada kesempatan kita untuk mendapatkan hal itu semua. Dan kesempatan itulah yang harus kita jaga dan raih. Jangan sia-siakan waktu kita di bangku perkuliahan hanya untuk duduk disana tapi cobalah untuk keluar meraih hal yang lebih luar biasa.

Hal itu disampaikan oleh Irma Noor Budianti (2012), ketika menceritakan pengalamannya mempresentasikan poster ilmiah penelitiannya di Malaysia mengenai system pembelajaran di Fakultas Kedokteran UII yakni Problem Best Learning (PBL) bersama temannya yang berada di Departemen Pendidikan dan Profesi, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FK UII. Dalam acara yang digelar SMART LEM FK UII dalam acara Kajian Kamis Pagi (KAKAP) pada hari Kamis, 07 Mei 2015 / 18 Rajab 1436 H di Ruang Sidang Pre Klinik Lt. 2 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta. Acara selama 1 (satu) jam dari 07.00 – 08.00 WIB dihadiri oleh anggota SMART LEM FK UII.

Menurut Irma, untuk dapat pergi kesana, tentu mahasiswa harus membuat karya terlebih dahulu berupa paper hasil penelitian mereka. Dengan modal ini maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan abstract dari karya mereka yang merupakan gambaran singkat dari penelitian yang dilakukan. Selanjutnya, ketika abstract dinyatakan diterima maka tahap berikutnya adalah pembuatan poster. Dalam poster itu memuat beberapa point. Point terpenting dalam poster itu yakni abstractnya dan tujuan penelitiannya. Tujuan penelitian inilah yang lebih ditekankan

“janganlah takut untuk mencoba dan jangan minder”, pesan Irma.

Sementara itu Panitia KAKAP membenarkan telah menghadirkan Irma dalam rangka sharing pengalaman selama mengikuti acara di Malaysia dengan presentasi terkait poster yang dibuatnya.

“Tentu hal yang sangat luar biasa dan membanggakan seperti dilakukan Kak Irma, ketika kita bisa berkunjung ke luar negeri dengan tujuan bukan sekadar jalan-jalan atau kunjungan tapi untuk mempresentasikan hasil karya kita, Presentasinya pun bukan sembarang presentasi loh, tapi Kak Irma mempresentasikannya dihadapan berbagai professor penguji disana (Malaysia), hal ini sungguh luar biasa”, kesan mahasiswa FK UII Al Khanza Humaira. Wibowo/Tri