hubungan tingkat pengetahuan seksual remaja dengan tingkat kecemasan menghadapi pubertas

  • Diposkan oleh
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SEKSUAL REMAJA DENGAN
TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI PUBERTAS
PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI 4 PAKEM
 
 
Permasalahan yang teramat kompleks seringkali menempatkan remaja pada situasi yang sulit, hal ini mengakibatkan anak yang pada masa pubernya tidak mendapatkan pengetahuan dengan cara yang benar atau secara psikologis tidak dipersiapkan tentang perubahan-perubahan fisik dan psikologis yang terjadi, akan dapat berakibat menjadikan suatu pengalaman yang traumatis bagi remaja. Oleh karena itu pengetahuan tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi remaja sangatlah penting. Dimana pengetahuan ini harus diperoleh dengan cara yang benar dan kompleks, sehingga tanggungjawab yang harus diselesaikan dalam tahap perkembangannya tidak mereka hadapi dengan perasaan takut dan cemas Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara pengetahuan seksual remaja dengan kecemasan menghadapi pubertas pada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 4 Pakem. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan seksual remaja
dengan kecemasan dalam menghadapi pubertas.
Penelitian dilakukan secara non eksperimental dengan rancangan cross sectional study. Tingkat pengetahuan diukur dengan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang pengetahuan seksual mengacu pada aspek yang telah ditentukan pada ICPD dan tingkat kecemasan diukur dengan kuesioner yang mengacu pada aspek kecemasan Carpenito (1998).
 
Uji statistik dilakukan dengan metode Sperman’s rho yang menunjukkan nilai r=-0,532 dan p=0,000 (p<0,01). Artinya terdapat hubungan negatif antara pengetahuan seksual remaja dengan kecemasan menghadapi pubertas.
 
Kata kunci: Pengetahuan seksual, Kecemasan pubertas
 
 
Pembimbing Utama
dr. Moetrarsi, DTM&H, Sp.KJ
Pembimbing Pendamping
dr. Ana Fauziyati