hubungan pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan remaja putri usia pubertas

  • Diposkan oleh
HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN
REMAJA PUTRI USIA PUBERTAS MENGHADAPI MENARCHE
DI SMPN 4 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA
 
 
 
Latar Belakang : Masa remaja merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan seseorang. Perubahan-perubahan yang terjadi pada saat ini sangat mempengaruhi seorang remaja dalam menjalani masa remajanya. Pada remaja putri, usia pubertas diawali dengan menarche. Pengetahuan yang baik tentang menstruasi akan membantu remaja putri dalam menghadapi
menarchenya.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan remaja putri usia pubertas menghadapi menarche.
Metode : Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Pakem Sleman Yogyakarta dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswi di SMPN 4 Pakem Sleman Yogyakarta yang memenuhi kriteri inklusi dan eklusi pada bulan Mei 2007. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah chi square.
 
Hasil : Data dianalisis menggunakan Chi Square Test dengan hasil terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan remaja usia pubertas dengan kesiapan dalam menghadapi menarche, dimana  Value besarnya 0,001 yang apabila dibandingkan dengan α = 0,01, maka P value < α.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche.
Kata Kunci : Pengetahuan, Menstruasi, Pubertas, Kesiapan, Menarche
 
 
Pembimbing utama
drg. Punik Mumpuni Wijayanti, M.Kes
 
 
Pembimbing Pendamping
dr. Umatul Khoiriyah