FK UII Lolos Seleksi Tahap Awal PHK-PKPD Dirjen Dikti

  • Diposkan oleh
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dokter di indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) mengembangkan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK-PKPD) dengan dukungan dana pinjaman dari Bank Dunia. PHK-PKPD merupakan hibah pengembangan pendidikan dokter agar dapat menghasilkan lulusan yang memenuhi standard kompetensi dokter yang diinginkan, sehingga berkontribusi dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. PHK-PKPD dilaksanakan secara berjenjang yang terdiri dari 3 skema berikut :
 

  1. Skema A : hibah pengembangan unggulan bagi institusi yang sudah cukup maju dan mapan
  2. Skema B : hibah peningkatan mutu institusi yang baru atau yang masih lemah berdasar kemitraan, dan
  3. Skema C : hibah penguatan institusi yang siap berkembang secara mandiri

Perguruan tinggi yang memiliki program studi pendidikan dokter dapat mengajukan usulan salah satu dari hibah tersebut di atas sesuai kondisi institusi. Berdasarkan rincian dari masing-masing skema yang tercantum dalam panduan penyusunan proposal PHK-PKPD, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) masuk ke dalam skema C. Pemenang dari kompetisi ini akan ditetapkan berdasarkan hasil penilaian secara bertahap yang meliputi tahap penilaian proposal dan tahap kunjungan lapangan.

Setelah dilakukan proses evaluasi proposal lengkap (desk evaluation) skema C PHK-PKPD Dirjen Dikti  tahun anggaran 2010 oleh tim reviewer Dewan Pendidikan Tinggi,  beberapa proposal dinyatakan layak untuk dievaluasi hingga tahap kompetisi selanjutnya (site evaluation). Dari 23 perguruan tinggi yang masuk dalam skema C, FK UII temasuk dalam salah satu dari 12 perguruan tinggi yang lolos seleksi tahap desk evaluation dengan judul program ”Penguatan Kompetensi yang Berfokus pada Perbaikan Ketrampilan Klinis melalui Inovasi Pembelajaran dan Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa”. FK UII lolos seleksi desk evaluation bersama dengan Universitas Hang Tuah, Universitas jenderal Soedirman, Universitas lampung, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muslim Indonesia Makassar, Universitas pelita Harapan, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Trisakti, dan Universitas YARSI.

Kedua belas perguruan tinggi tersebut akan maju ke proses selanjutnya, yaitu site evaluation yang diselenggarakan mulai tanggal 14 Juni hingga 3 Juli 2010. Visitasi (kunjungan) reviewer ke FK UII akan dilaksanakan tanggal 28-29 juni 2010. Selanjutnya, berdasarkan hasil dari site evaluation tersebut, akan dipilih 10 perguruan tinggi sebagai penerima hibah (grantees) PHK-PKPD skema C.

Kita berharap FK UII termasuk dalam 10 perguruan tinggi penerima hibah PHK-PKPD skema C, sehingga bisa menjadi sarana akselerasi bagi FK UII untuk mencapai sasaran mutu, salah satunya yaitu menghasilkan lulusan dokter yang kompeten.