FK UII Lakukan Bakti Sosial Korban Lahar Dingin Merapi

  • Diposkan oleh

  Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia pada hari Sabtu, (26/3) melakukan Bakti Sosial membantu para warga yang terkena bencana lahar dingin di Dusun Teplok dan Nglewang Argomulyo Cangkringan, Sleman.  Bencana lahar dingin pasca erupsi Merapi yang terjadi pada hari Selasa,(22/3) pada pukul 15.00 WIB telah menyebabkan sebagian rumah dan tempat ibadah yang berjarak 15 hingga 300 meter dari bantaran hulu sungai opak ini diterjang material berupa pasir dan batu. Akibatnya untuk sementara waktu tempat ibadah dan rumah warga tersebut tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pada kesempatan tersebut, dr. Titik Kuntari., MPH selaku Wakil Dekan FKUII beserta staf karyawan dan perwakilan mahasiswa terjun langsung dilokasi bencana sekaligus menyerahkan bantuan berupa alat-alat pertukangan seperti gerobak pasir, cangkul, sekop, pakaian dan bahan pokok untuk keperluan warga yang mengalami musibah lahar dingin Merapi.

Romdani, salah satu warga Teplok menyatakan bersyukur dengan solidaritas yang ditunjukkan dari FK-UII, relawan merapi, pamong pemerintah desa argomulyo dan warga masyarakat karena dengan kepedulian dan kerjasama yang baik telah membantu warga untuk bangkit dari musibah yang dialami.

Menurut dr. Titik Kuntari., MPH, kegiatan bakti sosial seperti penanganan musibah lahar dingin pasca erupsi ataupun kegiatan sosial lain yang memang sangat dibutuhkan masyarakat, FK-UII senantiasa siap sedia membantu karena hal ini bagian dari wujud dari pengamalan pendidikan kedokteran yang mengabdi kepada masyarakat khususnya pada bidang kesehatan.