FK UII Ikuti Worshop JKN Kerjasama UII dan PP Muhamadiyah

  • Diposkan oleh

Kedokteran (UII News) – Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), prinsip gotong royong berarti peserta yang mampu membantu peserta yang kurang mampu, peserta yang sehat membantu yang sakit. Hal ini terwujud karena kepesertaannya bersifat wajib untuk seluruh penduduk.

Hal tersebut di jelaskan oleh Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D Wamenkes RI saat memberikan materi Pelayanan Kesehatan di era JKN dalam acara Workshop Optimalisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Monitoring Pelaksanaan JKN kerjasama antara UII dan MPM PP Muhamadiyah di Ruang Sidang Lt.3 Gedung PP Muhamadiyah, Jl. Cik Ditiro, Yogyakarta, Sabtu – Mingu, 27 – 28 September 2014 yang diikuti dari unsur masyarakat, perwakilan UII dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) DPW Makasar, Jateng dan DIY.

Menurut Prof. Gufron, Pelayanan kesehatan komprehensif berupa pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan kebidanan, dan Pelayanan Kesehatan Darurat Medis, termasuk pelayanan penunjang yang meliputi pemeriksaan laboratorium sederhana dan pelayanan kefarmasian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Manfaat akomodasi untuk layanan rawat inap sesuai hak kelas perawatan peserta. Manfaat ambulan hanya diberikan untuk pasien rujukan antar fasilitas kesehatan, dengan kondisi tertentu sesuai rekomendasi dokter”, katanya.
Lebih lanjut dalam memonitoring dan mengevaluasi kegiatan operasional JKN perlu adanya peran dan parsipasi dari masyarakat, Perguruan Tinggi termasuk UII dan Organisasi Masyarakat seperti Muhamadiyah.

“Cara monev berbasis masyarakat adalah dengan cara mendirikan tempat aduan atau posko-posko yang dananya bisa dari Kemenkes, swadaya ataupun dari perguruan tinggi”, jelasnya.

Sementara itu dari peserta UII berencana tindak lanjut dari keikutan worshop tersebut akan mendirikan posko pengaduan JKN dengan input SDM dari para ahli yang paham tentang regulasi JKN, beranggotakan dari peserta workshop, relawan dari unsur civitas akademika UII, mengambil lokasi di UII, dengan program kerja menerima aduan dari masyarakat, RS provider BPJS serta melakukan advokasi dalam bentuk terju kelapangan. Wibowo