FK UII Delegasikan Mahasiswanya ke Liga Medika 2012

  • Diposkan oleh
 Dalam dunia Kedokteran, kesejawatan adalah salah satu nilai terpenting, tidak terkecuali bagi mahasiswa-mahasiswa Kedokteran di seluruh Indonesia. Betapa pentingnya makna kesejawatan tersebut, sehingga ada event yang dapat memfasilitasi terjalinnya ikatan persaudaraan yang kuat antar mahasiswa Kedokteran seluruh Indonesia, salah satu event yang bisa menjebatani tujuan tersebut adalah kompetesi olah raga, seni serta sains.

Dari gagasan tersebut diatas, oleh Departemen Seni dan Olah Raga SMIK FK UI diambil momentumnya dengan kembali mengadakan kegiatan liga medika. Kegiatan ini merupakan ajang olahraga, seni, dan fotografi, serta pertukaran budaya antar mahasiswa Fakultas Kedokteran , yang pada kali ini memasuki periode ke-8. Kegiatan ini di gelar selama 6 hari, pada tanggal 5 – 12 Mei 2012 bertempat di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Planet Futsal Jakarta, dan diikuti oleh fakultas kedokteran seluruh Indonesia serta beberapa Negara di ASEAN, diantaranya Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Tahiland.

 
Sementara itu, Fakultas Kedokteran UII Yogyakarta merespon kegiatan tersebut dengan mengikuti Liga Medika, dalam sejarah keikutsertaannya FK UII pernah menjadi juara ke-3 minisoccer pada liga medika 2007 dan juga pada Liga Medika tahun 2010 FK UII berhasil membawa piala juara I Mini Soccer dan peringkat IV basket putra. Pada tahun 2011, FK UII berhasil membawa piala juara III untuk Badminton putri.

Sebagai ketua kontingen, Rahmat Nugroho menjelaskan bahwa ditahun 2012 ini FK UII memasuki tahun ke-enam dalam mendelegasikan mahasiswanya di liga medika. ”Tahun ini adalah tahun ke-enam kalinya FK UII mengirimkan delegasinya, di tahun ini pula kami berkeinginan agar delegasi FK UII menorehkan prestasi yang lebih baik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya”, katanya.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan bahwa alasan mengikuti kegiatan ini adalah untuk meningkatkan bakat dan minat mahasiswa FK UII, serta sebagai media untuk menyalurkan potensi dan bakat dalam bidang olahraga yang dimiliki mahasiswa FK UII, mempertahankan eksistensi nama FK UII dalam kegiatan Liga Medika yang bertaraf se-ASEAN dan wadah mempromosikan atau memperkenalkan FK UII di taraf ASEAN, katanya.

Dalam sambutannya dr. Titik Kuntari, MPH merespon  keikutsertaan mahasiswa FK UII dalam liga medika 2012, ”Saat nya FK UII menunjukan prestasinya kembali di  ajang liga medika, tunjukanlah kemampuan FK UII di kancah ASEAN serta tampilkan karakter mahasiswa FK UII yang berpakaian sopan, berperilaku santun serta jaga nama baik almamater”, demikian pintanya saat melepas kontingen FK UII di auditorium Lt. 1 FK UII, Jum’at, 04 Mei 2012 yang dihadiri koordinator unit kemahasiswaan dan alumni FK UII, dr.H. Zuchairi Dahlan, Sp.P dan kontingen yang terdiri dari 6 tim yaitu tim minisoccer, tim futsal putri, tim badminton, tim basket putra, tim kompetisi sains serta tim photo competition.