FK UII Beri Pelayanan Kesehatan Gratis bagi Dhuafa

  • Diposkan oleh

 Hari Rabu tanggal 23 Maret 2011 lalu, beberapa dokter yang juga dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) tampak sibuk memeriksa pasien yang jumlahnya mencapai hingga 110 orang. Dengan dibantu beberapa mahasiswa FK UII, para dokter tersebut dengan sabar dan ramah memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh pasien hingga antrian habis. Itulah suasana yang terekam dalam bakti sosial (baksos) pelayanan kesehatan gratis dalam rangka peresmian bangunan perdana Rumah Sehat Dhuafa hasil kerjasama Badan Wakaf UII, BAZNAS Republik Indonesia, dan Metro TV yang berlokasi di Jalan Imogiri Barat, Bantul.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari baksos serupa yang sebelumnya pernah diadakan pada tanggal 20 November 2010” ujar dr. Gesit Purnama, salah satu dokter yang bertugas dalam acara tersebut. Selain dr. Gesit, terdapat pula 3 orang dokter lain yang juga mengampu pelayanan kesehatan, yaitu: dr. Binta Setya Febriana, dr. Fanny Anissa Widiarty, dan dr. Arie Nugroho.

Menurut dr. Arie, antusiasme masyarakat sangat baik terhadap acara ini. Hal tersebut tampak dari banyaknya pasien yang mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. “Mereka terdiri dari berbagai kelompok umur, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia. Kasus yang banyak dijumpai antara lain ISPA, hipertensi, dan dyspepsia” jelasnya.

Selain sambutan yang baik dari masyarakat, dr. Arie juga salut terhadap semangat mahasiswa FK UII yang membantu pelaksanaan baksos ini. “Bagi mahasiswa FK UII, acara seperti ini sangat banyak manfaatnya. Di samping membantu para pasien dhuafa, mereka juga bisa belajar mengamalkan ilmu kedokteran yang telah dipelajari sekaligus menambah pengalaman sejak dini sebagai calon dokter” pungkasnya.